Follow Us

Tips Perawatan Tanaman dalam Pot

Devi F. Yuliwardhani - Kamis, 04 Juli 2013 | 08:17
Tips Perawatan Tanaman dalam Pot
Devi F. Yuliwardhani

Tips Perawatan Tanaman dalam Pot

Merawat tanaman dalam pot sebetulnya tidak jauh berbeda dengan merawat tanaman pada taman Anda. Setiap tanaman membutuhkan perawatan yang tepat agar subur. Berikut beberapa tips perawatan tanaman dalam pot.

Agar tanaman tumbuh dengan baik, secara rutin setidaknya satu bulan sekali diberi pupuk kompos. Pupuk alami tetap menjadi pilihan pupuk yang baik bagi tanaman dan lingkungan. Siram tanaman dengan air secara teratur pagi dan sore hari agar tanaman segar dan tanah cukup air.Sesuaikan tanaman dengan besar pot. Jika tanaman membesar pindahkan ke pot yang besar pula agar tanaman tumbuh dengan baik.Setiap daun yang mati segera dipotong agar tampilannya selalu indah.Agar tanaman berdiri baik, tahan tangkai tanaman dengan sebatang kayu.Pilih tanaman yang simpel dalam perawatan. Anda dapat memilih jenis-jenis tanaman pot yang minim perawatan seperti, Alternatif pilihan tanamannya, Anda dapat memilih tambulapot, yaitu tanaman buah dalam pot. Tanaman buah ini dapat tumbuh dengan subur selayaknya pohon buah dengan ukuran sebenarnya. Menarik bukan? merawat buah dalam pot, efisien dan unik.Pindahkan tanaman yang sering terkena sinar matahari dengan yang tidak, secara berkala. Ini agar tanaman tetap subur dan mendapat sinar matahari yang cukup.

Agar tanaman tumbuh dengan baik, secara rutin setidaknya satu bulan sekali diberi pupuk kompos. Pupuk alami tetap menjadi pilihan pupuk yang baik bagi tanaman dan lingkungan.

Siram tanaman dengan air secara teratur pagi dan sore hari agar tanaman segar dan tanah cukup air.

Sesuaikan tanaman dengan besar pot. Jika tanaman membesar pindahkan ke pot yang besar pula agar tanaman tumbuh dengan baik.

Setiap daun yang mati segera dipotong agar tampilannya selalu indah.

Agar tanaman berdiri baik, tahan tangkai tanaman dengan sebatang kayu.

Pilih tanaman yang simpel dalam perawatan. Anda dapat memilih jenis-jenis tanaman pot yang minim perawatan seperti, Alternatif pilihan tanamannya, Anda dapat memilih tambulapot, yaitu tanaman buah dalam pot. Tanaman buah ini dapat tumbuh dengan subur selayaknya pohon buah dengan ukuran sebenarnya. Menarik bukan? merawat buah dalam pot, efisien dan unik.

Pindahkan tanaman yang sering terkena sinar matahari dengan yang tidak, secara berkala. Ini agar tanaman tetap subur dan mendapat sinar matahari yang cukup.

Pilihan tanamannya seperti suplir, buntut tupai, puring, donna karamen, sri rejeki dan sikas kecil. Untuk jenis bonsai kita dapat memilih bonsai kamboja Jepang yang memiliki ukuran lebih besar.Pada dasarnya, perawatan tanaman pot tidak rumit asalkan jenis tanamannya disesuaikan dengan iklim dan jenis tanahnya. Jika tanaman memang sudah sesuai dengan iklim dan tanah hidupnya, biasanya tamanan akan tumbuh subur tanpa perawatan yang rumit.

Foto : Dok.iDEA

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest