Follow Us

Jangan Pangkas Adenium di Musim Hujan

Anissa Q. Aini - Rabu, 24 Juli 2013 | 07:57
Jangan Pangkas Adenium di Musim Hujan
Anissa Q. Aini

Jangan Pangkas Adenium di Musim Hujan

Saat tiba musim hujan, biasanya orang-orang lebih rajin membersihkan dan memangkas tanaman. Pasokan air yang cukup membuat tanaman tumbuh dengan baik dan relatif lebih cepat.

Rupanya hal di atas itu tidak berlaku untuk semua tanaman. Pada Adenium (Kamboja Jepang), proses pemangkasan pada musim hujan berujung pada pembusukan batang dan kematian tanaman. Batang Kamboja Jepang terbilang sensitif. Terlalu banyak terkena air, ia gampang membusuk. Makanya, jangan sekali-kali memangkas Adenium saat musim hujan. .

Kolektor Kamboja Jepang dan pemilik Golden Top Nursery, Paul Sing, mengatakan bahwa Adenium sangat menyukai sinar matahari dan media yang kering. Saat musim hujan, tanaman ini memerlukan perlindungan dari hujan yang berlebihan. Jadi ketika musim hujan, tempatkan tanaman ini pada area yang ternaungi dari guyuran hujan. Lebih baik lagi kalau area itu memiliki atas transparan, sehingga sinar matahari masuk dapat langsung mengenai tanaman. Dengan begitu, media tanam tak lembap, dan tanaman tetap dapat memperoleh pasokan sinar matahari yang dibutuhkannya.

Properti: Golden Top Nursery, Pancoran, Jakarta Selatan

Foto: iDEA Online/ Anissa Q. Aini

Editor : Anissa Q. Aini

Latest