Follow Us

Kolam Ikan dengan Dua Muara

Annisa Q. Aini - Sabtu, 27 Juli 2013 | 09:00
Kolam Ikan dengan Dua Muara
Annisa Q. Aini

Kolam Ikan dengan Dua Muara

Air yang jatuh kerap merusak tanaman di taman di bawah teritis. Solusinya, pemilik rumah membuat kolam ikan, yang memanjang sepanjang teritisan itu. Kolam inilah yang difungsikan untuk menampung air yang jatuh dari teritisan itu.

Kolam ini menjadi fokus dalam desain taman. Panjangnya sekitar 6m, dengan dua "muara" bulat di kedua ujungnya. Di atas kolam bulat pada salah satu ujung, dibangun saung sebagai tempat berleha-leha. Dari saung ini terdapat "jembatan", yang melintang di atas kolam, sampai ke kolam bulat di ujung yang lain. Tamannya berkonsep warna-warni, yang terbentuk dari pemilihan kombinasi tanaman. Tanaman berdaun dan berbunga warna-warni diselang-seling dengan tanaman berdaun hijau.

Di tepi kolam ditanam kaktus kodok yang berwarna kuning hijau. Ada juga keladi hias dengan daun aneka warna yang ditempatkan di dalam pot, sutera bombai yang berwarna pink bercampur putih, serta puring dengan daun warna-warni. Tanaman berwarna hijau, antara lain, cemara udang, bonsai serut, bambu air, palem, kucai mini, dan rumput golf Peking.

Agar taman tampil eksotis di malam hari, lampu taman ditata dengan pas. Ada lampu dengan wadah dari bahan batu alam yang ditempatkan di tengah taman. Ada juga lampu di pinggir kolam, berupa lampu spot dan lampu selang. Untuk membangun taman berukuran 4,5mx11,5m ini, pemilik menghabiskan dana Rp7,5juta. Lama pengerjaan taman sekitar dua minggu.

Foto: iDEA/Dean Martin Saerang

Lokasi: Rumah Rani Damayanti, Bekasi.

Editor : Annisa Q. Aini

Latest