Follow Us

Taman Artifisial Sebagai Partisi Ruang

Anissa Q. Aini - Senin, 29 Juli 2013 | 02:00
Taman Artifisial Sebagai Partisi Ruang
Anissa Q. Aini

Taman Artifisial Sebagai Partisi Ruang

Pernahkah terpikir oleh Anda untuk membuat taman di dalam rumah? Selain untuk membuat ruang jadi asri, taman dalam rumah juga bisa berfungsi jadi pemisah ruang. Tak perlu buat taman yang merepotkan, buat taman artifisial saja. Biar tak asli, tetap menarik hati. Seperti di foto samping ini.

Syarat utama membuat taman sebagai pemisah ruangan adalah, ruangan yang cukup luas. Partisi dalam bentuk taman ini dapat dipergunakan untuk memisahkan ruang makan dengan ruang keluarga. Seberapa luas taman yang dibuat, tergantung luas lahan yang tersedia. Tidak ada aturan baku.

Pada contoh ruang, taman artifisial dibuat di tengah, di antara ruang makan dan ruang keluarga. Area yang memang direncanakan untuk taman, dibuat lebih rendah sekitar 10cm. Tak perlu lapisi area ini dengan keramik lantai, cukup diplester saja. Untuk menciptakan kesan alami, penuhi permukaan area taman dengan taburan koral. Besar dan kecilnya ukuran koral bisa disesuaikan dengan selera, atau campurkan koral besar dan kecil, boleh juga.

Bukan taman namanya kalau tidak ada tanaman di dalamnya. Nah, tempatkan tanaman-tanaman artifisial di sini. Kalau area taman cukup luas, bisa tempatkan tanaman berukuran besar, sehingga terasa lebih alami. Jangan lupa tempatkan juga hardscape untuk memperindah taman. Misalnya, lampu-lampu taman. Kalau tidak mau repot menata, buat saja taman bergaya minimalis. Jadi tak perlu banyak tanaman dan hiasan. Persis seperti taman artifisial di foto ini.

Meskipun artifisial, tapi ada juga unsur-unsur alami di taman ini. Lihat saja penggunaan elemen-elemen kayu di sana. Ada kisi-kisi kayu yang menghias dinding taman. Tak lupa ditempatkan juga sebuah jembatan. Selain sebagsi penghias taman, jembatan juga menciptakan kesan menyatu antara ruang keluarga dan ruang makan, karena keduanya memang sebenarnya berada dalam satu ruangan.

Foto: iDEA/ Richard Salampessy

Editor : Anissa Q. Aini

Latest