Follow Us

Ada Jembatan Rumput di atas Kolam

Devi F. Yuliwardhani - Sabtu, 17 Agustus 2013 | 09:00
Ada Jembatan Rumput di atas Kolam
Devi F. Yuliwardhani

Ada Jembatan Rumput di atas Kolam

Kehadiran kolam seolah jadi syarat menghadirkan kesejukan. Desainnya bervariasi, mulai dari bentuk kotak modern hingga meliuk natural. Sebagai pelengkap, di tengah kolam seringkali ditempatkan pijakan untuk penghubung. Umumnya terbuat dari beton atau susunan bata yang kemudian dilapis batu alam.

Namun desain dari Tigor Charly Siahaan beda. Desainer lanskap ini menggunakan penutup stepping berupa rumput di salah satu karyanya. Terlihat seperti pulau yang mengapung pada kolam. "Ide awalnya saya dapatkan dari jenis taman bernama islandscape. Sebuah taman yang dirancang untuk menghasilkan kesan melayang di atas air," ujar Tigor.

Pijakan ini terbuat dari coran beton berukuran 40cmx40cm dengan sedikit modifikasi berupa cerukan kotak di sisi atasnya. Cerukan ini kemudian diisi tanah dan rumput gajah agar tak lekas rusak saat terinjak. Selain itu, saluran pembuangan air juga diatur agar permukaan tanah tidak becek. Sebuah lubang kecil dibuat pada salah sisi cerukan. Untuk media tanamnya mengunakan lapisan filter alami supaya air yang meresap tidak mengotori kolam.

Bagaimana, sudah siap membangun jembatan rumput di kolam rumah?

Foto: iDEA/Ricardo de Melo

Desain: Tigor Charly Siahaan

Pemilik: Bram & Dian Ridya Prastiti

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest