Follow Us

Rambatkan Kecantikan di Taman Belakang

Devi F. Yuliwardhani - Senin, 19 Agustus 2013 | 10:00
Rambatkan Kecantikan di Taman Belakang
Devi F. Yuliwardhani

Rambatkan Kecantikan di Taman Belakang

Area lahan yang kecil sering kali menjadi kendala untuk memiliki taman yang indah. Biasanya area lahan lebih diutamakan untuk dijadikan ruangan. Tamun tidak perlu berkecil hati. Solusinya? Salah satunya dengan berkebun secara vertikal. Dengan begitu taman tak memerlukan area yang luas.

Untuk berkebun secara vertikal tidak mesti menggunakan rak dan pot yang disusun di dinding, atau dengan planter khusus untuk vertical gardening. Yang disebutkan itu barangkali agak menyulitkan. Nah, yang lebih mudah adalah dengan menanam tanaman rambat berbunga. Tidak perlu pot atau rak, apalagi planter. Cukup media untuk merambat saja.

Ada beberapa jenis tanaman rambata yang bisa jadi pilihan, misalnya Alamanda (Alamanda sp), Mandevilla (Mandevilla sp), atau Morning Glory (Ipomea tricolor). Tanaman-tanaman ini memiliki bunga yang indah dan warna yang kuat. Akan semakin cantik lagi apabila Anda berhasil memadukannya dengan cat dinding di luar rumah.

Tanaman rambat ini tidak hanya berfungsi sebagai pemanis taman saja, namun bisa sebagai peneduh. Caranya dengan merambatkannya pada pergola, kanopi, atau atapcarport. Tanaman rambat pun dapat berfungsi sebagai secondary skin; melindungi bagian bangunan dari terik matahari. Efeknya cukup signidikan terhadap suhu interior rumah.

Sebagai media rambatan, dibuat kisi-kisi pada muka bangunan yang terpapar sinar matahari langsung. Tanaman rambat yang ditanam di bawah kisi-kisi tersebut, bisa dalam pot ataupun langsung di tanah. Biarkan sulur dan batang tanaman memanjat pada media rambatan itu. Perawatan tanaman rambat berbunga terbilang simpel, agar rajin berbunga, sebaiknya tanaman ditempatkan di area tang terkena sinar matahari secara langsung. Agar dapat berbunga dengan baik, beri pupuk berkandungan Kalium yang tinggi, misalnya pupuk ZK 90, Gandasil B, atau Hyponex merah.

Tanaman rambat seperti Morning glory dan Thunbergia sp. Relatif cepat tumbuh. Lakukan pemangkasan sebulan sekali agar bentuk tanaman tetap rapi dan tajuk tidak tumbuh liar. Dengan tanaman rambat, tidak sulit bagi kita untuk mengoptimalkan lahan terbatas. Anda pun dapat mencobanya di rumah.

Foto: iDEA/Richard

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest