Follow Us

Berikan Pencahayan Pada Patung di Taman

Devi F. Yuliwardhani - Senin, 06 Januari 2014 | 10:00
Berikan Pencahayan Pada Patung di Taman
Devi F. Yuliwardhani

Berikan Pencahayan Pada Patung di Taman

Patung adalah salah satu hardscape yang bisa memperindah tampilan taman Anda. Dengan bantuan cahaya, patung Anda bisa menjadi lebih menarik pada malam hari.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk pencahayaan patung di taman.

Karakteristik Bentuk

Coba perhatikan bentuk dari patung di taman Anda. peletakan cahaya harus tepat sehingga mampu menonjolkan daya tarik patung tersebut.

Contohnya, pada patung yang mendoongak ke atas, pencahayaan dari atas akan terlihat lebih tepat.

Intensitas Cahaya

Pengaturan jumlah cahaya dimaksudkan agar patung bisa menjadi focal point taman pada malam hari. Salah satu faktor yang memengaruhi intentsitas sorotan adalah bahan dasar patung.

Untuk patung berbahan marmer putih, Anda tidak perlu pencahayaan dengan intensitas tinggi. Untuk patung berbahan dasar perunggu membutuhkan sorotan cahaya yang cukup tinggi agar tampil menonjol.

Kombinasi Sumber Cahaya

Sorotan cahaya untuk patung bisa disiasati dengan meletakkan beberapa sumber cahaya dengan intensitas yang rendah. Masing-masing sumber cahaya ini akan menyinari patung dari sudut yang berbeda-beda sehingga patung akan terekspos dengan sempurna.

Oleh karena itu, coba pasang lampu sorot dengan sudut sinar yang sempit sehingga detail dan ornamen patung dapat terlihat menarik.

Foto: Dok. Renovasi/iDEA

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest