Follow Us

Zodia: Pohon Nyamuk dari Papua yang cantik

Maulina Kadiranti - Kamis, 30 Januari 2014 | 02:00
Zodia Pohon Nyamuk dari Papua yang cantik
Maulina Kadiranti

Zodia Pohon Nyamuk dari Papua yang cantik

Zodia adalah tumbuhan dari suku jeruk-jerukan (Rutaceae) yang merupakan tanaman endemik Indonesia yang berasal dari Papua. Tanaman ini telah dimanfaatkan oleh masyarakat asli Papua untuk mengusir serangga dan nyamuk dengan cara mengusapkan daun zodia ke sekujur tubuh.

Saat ini, banyak orang yang menanam zodia (Evodia suaveolens) di dalam pot dan diletakkan di dalam ruangan. Karena tanaman ini mengeluarkan aroma yang mampu mengusir nyamuk. Tanaman zodia, oleh para penjual tanaman hias sering kali lebih dikenal sebagai Pohon Nyamuk.

Secara umum, tanaman ini ditanam dalam pot dan ditempatkan di dalam ruangan. Namun, zodia juga dapat ditanam di luar ruangan seperti di halaman rumah. Pohon zodia jika dibiarkan tumbuh bebas mampu mencapai ketinggian sekitar 2 meter.

Daun zodia mampu menghalau nyamuk selama enam jam. Selain itu, daun ini juga berguna untuk mengobati bekas gigitan nyamuk demam berdarah (benjolan dan gatal-gatal). Cara menggunakannya pun cukup mudah cukup digosok saja bagian yang terkena gigitan dengan daun zodia.

Memperindah ruangan dengan Zodia, tanaman yang sekaligus mempunyai khasiat sebagai pengusir nyamuk sepertinya bukan sebuah pilihan yang jelek. Kecuali bagi nyamuk itu sendiri.

Sumber: bublenews.com

Foto: projectnoah.org

Editor : Maulina Kadiranti

Latest