Follow Us

Rumah Sehat dengan Tanaman

Devi F. Yuliwardhani - Rabu, 12 Maret 2014 | 06:30
Rumah Sehat dengan Tanaman
Devi F. Yuliwardhani

Rumah Sehat dengan Tanaman

Bagi sebagian orang kesehatan adalah hal yang utama. Selain menunjang kesehatan, memiliki rumah yang sehat juga akan menunjang kualitas hidup. Ir. Sukendro S.P. arsitek dari Nataneka memberikan beberapa poin yang harus diperhatikan untuk memiliki rumah sehat, salah satunya menciptakan rumah sehat dengan tanaman yang berfungsi sebagai penyeimbang.

Selain untuk mempercantik rumah, tanaman pada rumah juga berfungsi sebagai penunjang sirkulasi udara dalam rumah. Arah matahari dan jenis tanaman juga perlu diperhatikan. Pohon, perdu dan semak, dapat ditata dengan indah dan bermanfaat bagi kesehatan.

Pohon dengan ketinggian di atas 60cm, bisa digunakan sebagai buffer polusi udara, juga tempat untuk berteduh. Anda bisa menggunakan pohon sebagai pembatas langsung halaman rumah Anda dengan jalan besar, atau menempatkanya di halaman belakang, berbatasan langsung dengan dinding tetangga. Beberapa jenis pohon yang sering ditaman: pohon rambutan, Washingtonia robusta, pohon mangga, Revanala madagascariensis/ pisang kipas, dan Tabebula.

Perdu dengan ketinggan antara 20cm - 60cm bisa digunakan sebagai border antara halaman dan perkerasaan. Perdu biasa ditempatkan di perbatasan perkerasan atau perbatasan antara semak dan pohon. Beberapa jenis perdu yang sering ditanam adalah bugenfil, kembang sepatu, puring, pedang-pedangan, dan serisa.

Sementara semak yang memiliki tinggi 15cm - 40cm berfungsi sebagai pengindah rumah dan cover ground. Semak dapat ditanam di dalam pot, sehingga mudah untuk dipindahkan ke dalam maupun ke luar ruangan. Biasanya semak ditempatkan di dekat ruangan dalam.

Untuk Anda yang miliki lahan terbatas, tapi tetap ingin membangun rumah sehat dengan tanaman, maka Anda bisa mencoba vertical planter sebagai alternatif.

Ingin tahu lebih lengkap mengenai sang arsitek, Ir. Sukendro S.P, inspirasidan kisah pertemuannya dengan iDEA? Silakan baca di Majalah iDEA edisi khusus, terbit 15 Maret 2014. Jangan lupa yah! Ikuti juga kuis berhadiahhome theaterdengan mengaksesbit.ly/1kB4shI.

Sumber : Ir. Sukendro S.P. - Nataneka-

Foto : Tri, Martin, Richard

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest

Popular

Tag Popular