Follow Us

Mengenali Tanaman Heliconia untuk Hiasan Taman

Devi F. Yuliwardhani - Kamis, 17 April 2014 | 00:30
Mengenali Tanaman Heliconia untuk Hiasan Taman
Devi F. Yuliwardhani

Mengenali Tanaman Heliconia untuk Hiasan Taman

iDEAonine.co.id - Menanam sejumlah tanaman di pinggiran pagar diyakini dapat mengubah kesan kaku, polos, dan "dingin". Ada banyak tanaman yang bisa dipilih, mulai pepohonan yang tinggi hingga tanaman perdu. Heliconia sp merupakan salah satu tanaman perdu yang cocok untuk itu.

Heliconia sp seperti kita ketahui, merupakan tanaman pisang-pisangan. Bentuknya mirip pohon pisang dengan batang berpelepah. Namun ukurannya mini.

Pada awalnya Heliconia sp ini banyak terdapat di wilayah Amerika Latin, seperti Brazil, dan di Asia Selatan, serta di beberapa kepulauan Pasifik di Karibia.

Heliconia sp mempunyai banyak keistimewaan, salah satunya ia gampang tumbuh. Tak manja pula. Dengan begitu Heliconia sp gampang dirawat bukan?. Selain itu, tanaman ini tumbuh berkelompok. Biasanya rimbun dan melebar, sehingga bisa menutupi tembok atau besi pagar di latar belakangnya. Daun yang hijau ditambah bunga merah-kuning atau oranye tampil menarik.

Di Indonesia sendiri pisang-pisangan atau Heliconia sp ini mulai populer sekitar tahun 1997. Ada beberapa jenis yang populer di sini yaitu, Heliconia bihai, Heliconia collisiana, Holiconia caribaea, Heliconia rostrata, dan Holiconia wagneriana. Hidupnya yang berkelompok, membuat Heliconia sp jadi terlihat indah jika ditanam dalam jumlah banyak.

Ada tips sedikit bagi Anda, sebaiknya Heliconia sp ditanam sepanjang pagar rumah atau di pojok halaman yang terbuka. Karena, tanaman hias ini sangat senang terkena sinar matahari langsung. Dengan begitu, taman Anda tak harus melulu ditanami atau bunga bukan?

Foto: Dok.iDEA

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest