Follow Us

Cosmos: Bunga dengan Aneka Rupa dan Warna

Maulina Kadiranti - Minggu, 20 April 2014 | 06:30
Cosmos Bunga dengan Aneka Rupa dan Warna
Maulina Kadiranti

Cosmos Bunga dengan Aneka Rupa dan Warna

iDEAonline.co.id - Cosmos merupakan nama ilmiah yang juga digunakan sebagai nama dagang bunga asal Meksiko ini. Dalam buku Hortica - Alfred Byrd Graff menyebut marga Cosmos punya 3 spesies yang umum ditanam yaitu C. sulphureus, C. bipinnatus, C. atrosanguineus. Secara keseluruhan, marga Cosmos terdiri dari 20-an jenis.

C. sulphureus mempunyai bunga berwarna oranye dan kuning. Daunnya tipis, satu tangkai daun bercabang-cabang. Jenis inilah yang banyak ditanam di pedesaan dengan tinggi tanaman 1-1,5 m. Jenis kedua C. bipinnatus ditandai dengan daun gilig seperti senar (needle). Satu tangkai daun juga bercabang-cabang. Ukuran bunganya lebih besar dibandingkan dengan C. sulphureus. Kira-kira sebesar telapak tangan orang dewasa. Warnanya ada yang pink, putih dan ungu. Sedangkan yang warnanya gelap adalah jenis C. atrosanguineus.

Cosmos asal Meksiko ini terkenal dengan sebutan Black Cosmos. Dari jenis ini, lahirlah cosmos hibrid dengan ring warna gelap. Sebenarnya ada satu jenis lagi yaitu C. caudatus yaitu cosmos yang daunnya digunakan untuk sayur. Bunganya kecil berwarna putih dan ungu. Jenis ini tidak populer untuk tanaman hias.

Foto: DOk.iDEA

Editor : Maulina Kadiranti

Latest