Follow Us

Ini Dia! Cara Memilih Tanaman yang Sehat

Maulina Kadiranti - Jumat, 30 Mei 2014 | 06:10
Ini Dia! Cara Memilih Tanaman yang Sehat
Maulina Kadiranti

Ini Dia! Cara Memilih Tanaman yang Sehat

iDEAonline.co.id - Tidak ada yang lebih menyenangkan selain memiliki koleksi tanaman buah dan sayur di halaman rumah sendiri. Bayangkan, saat Anda membutuhkan cabai untuk bumbu dapur, Anda hanya tinggal memetiknya. Tapi sebelum menanam aneka buah dan sayur, ada baiknya untuk mengecek apakah tanaman yang Anda pilih atau yang akan Anda beli sudah memenuhi syarat tanaman sehat atau tidak. Berikut ini adalah panduan tentang cara memilih tanaman yang sehat untuk rumah Anda.

1. Kualitas Pembibitan : Amati tanaman lainnya sebelum Anda memutuskan membeli. Tujuannya untuk memastikan apakah seluruh tanaman terlihat sehat dan dirawat dengan baik.

2. Dedaunan: Telusuri seluruh kondisi tanaman yang Anda pilih. Apakah daunnya erlihat hijau berkilau dan subur? Hindari tanaman yang terlihat layu dan menguning.

3. Bentuk: Cek bentuk tanaman, apakah terlihat solid, lebat, dan berbatang? Tanaman yang lebih tinggi bukan berarti lebih baik.

4. Serangga & Penyakit : Perhatikan kondisi daun dan tanah di dalam pot. Beberapa tanda tanaman terjangkit penyakit dan serangga : area yang menghitam, berlubang, noda, area yang lembek, dan lengket.

5. Akar: Jika akarnya tumbuh hingga keluar dari pot, tandanya tanamanya itu mengalami stress dan membutuhkan waktu untuk sehat kembali. Jika tidak banyak akar dan bisa diangkat dengan mudah, bisa jadi tanaman itu baru dipot dan membutuhkan waktu hingga bisa digunakan untuk bercocok tanam.

6. Kerusakan Batang : Jika tanaman memiliki batang yang tebal, pastikan tidak ada kerusakan sekecil apapun. Karena sedikit saja ada kerusakan, dapat melemahkan tanaman tersebut.

7. Gulma: Adanya gulma artinya tanaman Anda harus bersaing untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.

8. Tunas dan Bunga : Tanaman yang tumbuh dari tunas akan berkembang lebih baik dari tanaman bunga.

Sumber : http://gardening.about.com

Editor : Maulina Kadiranti

Latest