Follow Us

Manfaat dan Kiat Memangkas Tanaman

Maulina Kadiranti - Minggu, 08 Juni 2014 | 10:10
Manfaat dan Kiat Memangkas Tanaman
Maulina Kadiranti

Manfaat dan Kiat Memangkas Tanaman

iDEAonline.co.id - Untuk memiiki taman yang asri nan cantik, desain yang baik dan menarik saja tidak cukup. Taman juga membutuhkan perawatan secara berkala, salah satu cara perawatan selain menyiramnya tiap hari adalah dengan pemangkasan.

Pemangkasan memiliki banyak manfaat diantaranya, menjaga bentuk bentuk tanaman, memelihara kesehatan, memacu pertumbuhan tunas baru, dan tak lain menjaga tampilannya. Manfaat dan kiat memangkas tanaman berikut ini akan memudahkan Anda memangkas tanaman jenis groundcover atau tanaman penutup tanah.

1. Pangkaslah daun dan batang yang mulai kering, layu, dan rusak. Potong bagian batang yang berada sedikit di bawah tunas daun. Sehingga tunas daun dapat tumbuh besar dan menutup bagian yang botak. 2. Jaga bentuk tanaman dengan memotong batang atau daun yang mulai tumbuh tak teratur. 3. Tanaman seperti latana, memiliki percabangan yang lebat. Agar sinar matahari bisa menembus hingga ke pangkal tanaman, lakukan penjarangan. 4. Potong ranting yang telah tua, tak berdaun, dan tak berbunga. Ranting ini akan mempengaruhi pertumbuhan bagian tumbuhan yang lainnya.

Mudah bukan? Dengan mengikuti kiat memangkas tanaman ini niscaya taman Anda akan senantiasa tampil cantik juga sehat!

Sumber: Memangkas Tanaman Demi Keindahan Taman. iDEA 92/VIII/2011. Rubrik Tips & Trik. Halaman 44.

Foto: www.sowingroom.com

Editor : Maulina Kadiranti

Latest