Follow Us

Taman Berkonsep Sawah dan Kebun Buah

G. Sujayanto/Titik Kartitiani - Selasa, 12 Agustus 2014 | 08:46
Taman Berkonsep Sawah dan Kebun Buah
G. Sujayanto/Titik Kartitiani

Taman Berkonsep Sawah dan Kebun Buah

iDEAonline.co.id - Lahan 7000m di kawasan Mariwati, Cipanas, Sukabumi, mengajak kita untuk menikmati taman tropis dengan konsep tamasya. Keindahan dan fasilitas untuk aktivitas melepaskan dari dari kelelahan bisa kita temui di sini. View alam yang indah, space yang cukup untuk olah raga, berkebun, dan melakukan aktivitas berekreasi lainnya. Andrew Sucandra, Andrew Best Landscaping and Gardening, Jakarta, mewujudkan konsep tersebut dalam sebuah taman tropis. Perpaduan konsep sawah dan kebun buah.

Sawah dan Kebun Buah

"Owner pengin ada sawah dan kebun buah," kata Andrew. Memadukan unsur kebun buah dan sawah di taman ini merupakan tantangan tersendiri juga. Andrew memilih mengelompokkan kebun buah di bagian kanan rumah, dan sawah di sebelah kiri. Agar saat ke kebun buah, benar-benar seperti di kebun buah yang sesungguhnya. Tanaman buah yang dipilih beragam jambu air. Ada jambu cincalo dan jambu bol yang rajin buah.

Sedangkan sawah, dibangun di sebelah kiri rumah. Sawah bertingkat dengan tanaman padi lahan kering yang tiap 4 bulan sekali panen. Saat Home Garden berkunjung, kebetulan baru ditanam. Larik-larik tananan padi dan pematang yang dibangun menjadi latar depan dari rumah bila dilihat dari jogging track yang mengeliling rumah. Ide menarik untuk sebuah taman yang merangkum keseluruhan pemandangan. Gunung, sawah, dan kebun buah.

Kolam Suasana Tropis

Membuat lahan luas agar tak monoton, Andrew membuat kolam di depan rumah. "Bagian ini yang paling lama bikinnya," kata Andrew. Total pembuatan taman 1,5 bulan, membuat kolam sampai jadi membutuhkan waktu sebulan lebih. Bukan soal tingkat kesulitannya, tapi menemukan gazebo yang cocok tidak mudah. Kolam koi jernih ini terdiri dari dua bagian, yaitu bagian atas dan bawah. Menurut Andrew, bagian atas sedalam 20-30cm digunakan untuk ikan kecil bila nanti kolam yang bawah menghasilkan anakan. Kolam bawah untuk ikan-ikan yang dewasa. Total ikan yang menghuni kolam sedalam 1,5m ini 100-an ekor. Ukuran antara 30cm hingga 50cm. Soal kejernihan air, dirawat oleh 7 chamber yang dibangun di sekitar kolam. Ukuran chamber 1,5mx1mx2,5m dan 0,7mx1mx2,5m. Cyathea menjadi pohon yang paling tinggi di sekitar gazebo, ditambah dengan tanaman epifit berupa paku sarang burung (Asplenium nidus).

Foto: Abdul Hakim Santoso/ Titik Kartitiani Lanskaper: Andrew Sucandra, Best Landscaping and Gardening, Jakarta Lokasi: Kediaman Edwin Kurnadi, Jl. Mariwati, Cipanas, Cianjur

Editor : iDEA

Latest