Follow Us

Harmoni Beragam Warna di Taman Tropis

G. Sujayanto/Titik Kartitiani - Senin, 01 September 2014 | 09:27
Harmoni Beragam Warna di Taman Tropis
G. Sujayanto/Titik Kartitiani

Harmoni Beragam Warna di Taman Tropis

iDEAonlie.co.id - Taman tropis nan rimbun membalut taman rumah tinggal seluas 500m2 di daerah Grand Wisata, Bekasi. Ciri khas taman tropis dapat dilihat dari keberagaman warna tanaman di taman tropis, bentuk tajuk, daun, batang, maupun bunga yang mampu menciptakan karakter tersendiri pada setiap sudut tamannya.

"Keinginan klien justru menjadi titik munculnya ide konsep ini. Klien menghendaki taman tropis dengan keberagaman tanaman, oleh karena itu kami mengangkat konsep Garden of Paradise untuk merealisasikan keinginan klien tersebut," ujar Costus Garden, team landscape architect yang mendesain taman rumah tinggal ini.

Setiap sudut taman pada rumah ini memiliki karakter berbeda-beda yang disesuaikan dengan kondisi lahannya. Namun keseimbangan irama dan aksentuasi pada setiap sudut taman diatur dengan sequence material yang sama serta didukung dengan pola sirkulasi linear yang menghubungkan antarruang pada taman. Pattern yang digunakan ialah bentuk geometris minimalis mengikuti karakter bangunan rumah. Sehingga meskipun terbagi-bagi menjadi beberapa bagian, taman tetap menjadi satu kesatuan tema yang berkesinambungan.

Area Kolam Renang

Area kolam renang ini memiliki luas 330 m2, bagian ini dibuat paling optimal, baik dari segi komposisi softscape maupun hardscape-nya. Karena area ini merupakan focal point utama yang dapat dinikmati dari segala penjuru rumah.

Bentuk kolam renang dipilih dengan bentukan persegi panjang, dengan luas kurang lebih 36 m2. Untuk perkerasan sekitar kolam renang menggunakan dek kayu ulin asli. Pada area ini terdapat pula aksen berupa waterplay. Waterplay merupakan permainan air mancur yang dapat diatur komposisinya, selain sebagai aksen, waterplay juga berfungsi untuk mempercantik sudut ruang ini. Apalagi saat malam tiba permainan lighting nya membuatnya semakin menarik.

Pada area kolam renang terdapat ruang masif berupa kamar bilas. Adanya vertical garden pada area tersebut mampu melunakkan kesan tegas disana. Untuk softscape-nya pada area ini menggunakan komposisi beberapa tanaman seperti Liang Liu (Salix babilionica), Bonsai jasmine, Sente coklat (Alocasia sp), hingga Pakis monyet.

Fotografi Abdul Hakim Santoso

Landscape Architect Costus Garden

Editor : G. Sujayanto/Titik Kartitiani

Latest