Follow Us

Agar Taman Vertikal Selalu Segar, Ini 4 Perawatan Wajibnya

- Senin, 20 November 2017 | 08:00
4 Perawatan Wajib pada Taman Vertikal
idea

4 Perawatan Wajib pada Taman Vertikal

iDEAonline - Hal penting pada taman vertikal adalah perawatan. dibutuhkan komitmen dalam perawatan taman. Karena luas lahannya terbatas, taman vertikal tidak dapat dibiarkan tumbuh bebas tanpa perawatan. Ketersediaan makanan tanaman pun sangat tergantung pada penyiraman.

Tahapan ini juga harus dipikirkan ketika perancangan. Jangan sampai perawatan terhambat karena lokasi vega yang terhalang kolam atau terlalu tinggi, misalnya. Ada 4 poin yang termasuk perawatan vega, yaitu berikut ini.

1. Penyiraman

Rata-rata, sebuah sistem taman vertikal dengan media rockwool membutuhkan penyiraman 4 kali dalam 1 hari, dengan jarak antar penyiraman 2 jam. Ini dilakukan pada pagi sampai sore hari. Setiap penyiraman membutuhkan waktu 1-4 menit. Saat musim kemarau terik, penyiraman dapat sampai 6 kali sehari. Sementara, saat musim hujan, frekuensi siram dapat dikurangi.

2. Pemangkasan

Ini perlu dilakukan agar tampilan vega selalu prima. Selain itu, bagian tanaman yang dianggap terlalu rimbun atau ekspansif dipangkas agar tidak menghalangi pertumbuhan tanaman di sekitarnya.

3. Pemeriksaan Irigasi

Irigasi vega berupa sistem dengan pipa-pipa yang diujungnya dilengkapi nozzle. Lubang nozzle sering tersumbat karena endapan yang dibawa air. Pengecekan rutin harus dilakukan. Jangan sampai tersumbatnya nozzle baru ketahuan setelah ada tanaman yang kering.

4. Penanggulangan Hama

Perawatan ini sama seperti taman pada umumnya. Jika diperlukan, dilakukan penyemprotan atau pemberian obat khusus pada tangki penyiraman.

Mudah bukan, iDEA Lovers? Agar tampilan taman vertikal tetap prima, pastikan perawatan dilakukan secara rutin. Yuk rawat selalu vertical garden Anda!

Properti Setyo Mardanus & Ricca Safitry, Jatibening, Bekasi

Editor : Sabrina Alisa

Latest