Follow Us

5 Langkah Membuat Taman Murah

- Sabtu, 25 Maret 2017 | 10:00
5 Langkah Buat Taman Rendah Biaya
idea

5 Langkah Buat Taman Rendah Biaya

iDEAonline.co.id - Tidak jarang kini banyak orang yang menginginkan lahan hijau di rumahnya. Memang, memiliki taman di rumah memiliki banyak manfaat. Ya, ketika Anda penat dengan aktivitas, yang diperlukan adalah ketenangan dan kedamaian.

Dari penelitian, dengan melihat tanaman dan bunga, bagus untuk kesehatan psikologi sehingga tubuh akan lebih rileks. Selain itu, Anda pun memiliki kegiatan baru di rumah. Walaupun terkesan adanya penambahan aktivitas baru di rumah, tapi berinteraksi di bagian luar rumah, yaitu merawat taman atau berkebun, akan membuat perasaan lebih bahagia.

Namun, kendala yang dihadapi jika ingin membuat taman adalah biaya. Memang, dapat dikatakan terkadang biaya pembuatan taman tidak murah. Dan jika Anda tetap ingin mempunyai taman minimalis yang rendah biaya, simak 5 langkah membuat taman murah ini.

1. Tentukan "batasan". "Batasan" yang dimaksud bukan hanya membuat pagar, namun juga penggunaan warna, material, dan tanaman. Kedua "pembatas" ini penting. Pasalnya, membuat pagar pembatas di sekeliling taman minimalis akan menjaga citra minimalisnya. Gunakan dinding, pagar kayu, perpaduan seng dan kayu, atau tanaman seperti teh-tehan.

2. Pilihlah beberapa tanaman untuk taman Anda. Satu hal yang sebaiknya Anda ingat, jangan memilih terlalu banyak jenis tanaman. Pilihlah hanya tiga spesies tanaman. Soal jumlah masing-masing spesies, sesuaikan saja dengan ukuran taman.

3. Tidak perlu hiasan, variasikan saja warna tanaman. Misalnya, Phormium 'Platt's Black', Ophiopogon planiscapus 'Nigrescens', Phyllostachys nigra membawa warna hitam ke taman Anda, Perovskia 'Blue Spire', Santolina chamaecyparissus, Artemesia 'Powis Castle' untuk warna abu-abu, dan Euphorbia schillingii, Euphorbia polychroma, Alchemilla mollis untuk warna hijau masam.

4. Siasati lahan dengan pot. Taman minimalis tidak berarti Anda harus menanam segalanya di atas tanah. Anda bisa memberikan dimensi dengan menanam di dalam pot yang memiliki ketinggian berbeda-beda.

5. Berikan aksen air mengalir. Air berguna untuk menambah keindahan serta kesegaran di taman Anda. Manfaatkan fitur ini untuk memberikan nuansa ketenangan dari bunyi kucuran air.

Foto: hotel-r.net

Editor : Maulina Kadiranti

Latest