Follow Us

Pest control: Barang Rapi Hama pun Pergi

Rasantika M. Seta - Senin, 01 Maret 2010 | 13:35
Pest control Barang Rapi Hama pun Pergi
Rasantika M. Seta

Pest control Barang Rapi Hama pun Pergi

Perilaku hidup sehat yang dibicarakan di sini adalah tentang menjaga hiegienitas ruangan di dalam rumah. Kebiasaan hidup sehari-hari yang kurang memperhatikan kebersihan, seperti membuang sampah sembarangan, tidak peduli pada debu-debu yang menebal, hingga membiarkan tumpukan barang secara tidak teratur,akan membuat kuman penyakit dan hama mudah bersarang.

Menjaga kebersihan di ruang-ruang dalam rumah merupakan hal yang sangat penting. Ruang keluarga, ruang makan, dan kamar tidur, merupakan ruang hidup utama kita. Untuk menjaga kebersihan pada ruang-ruang ini, lakukanlah kegiatan-kegiatan yang mendukung.

Misalnya, pada dapur dan ruang makan, jangan biarkan sisa makanan di piring terlalu lama. Setiap piring yang kotor, harus langsung dibersihkan. Jika tidak, lemak mengendap dan bau tak sedap akan menyebar. Akibatnya hama akan tertarik dengan bau tersebut dan masuk ke dalam rumah.

Ketika membersihkan rumah, jangan lupakan sudut-sudut belakang furnitur. Kadang tidak terlalu terlihat. Namun di sana debu sering berkumpul. Juga jangan terlalu lama membiarkan tumpahan makanan dan minuman yang mungkin terjadi di ruang makan dan ruang kumpul. Segera keringkan dengan lap. Gunakan cairan pembersih, sehingga semut tidak menyerang.

Ruangan-ruangan yang ber-AC sesekali harus dibuka jendelanya. Ini agar terjadi pertukaran udara dengan baik. Jika tidak, lagi-lagi, ruangan menjadi lembap. Udara kotor, yang membawa serangga pengganggu, akan berkembang biak. Anda pun menghirup udara yang kurang sehat itu.

Foto: iDEA/Richard Salampessy

Sumber: Rumah Sehat Bebas Hama

Editor : iDEA

Latest