Follow Us

Pest control: Merawat Ruang Mengusir Hama

Rasantika M. Seta - Senin, 01 Maret 2010 | 13:59
Pest control Merawat Ruang Mengusir Hama
Rasantika M. Seta

Pest control Merawat Ruang Mengusir Hama

Membersihkan Lantai

Cara yang umum adalah menyapu dan mengepel sekali dalam sehari. Jika Anda memiliki vacuum cleaner, pembersihan akan lebih baik. Daya hisap debunya lebih kuat sehingga lantai lebih bersih ketimbang disapu dengan cara biasa.Ketika mengepel lantai, gunakan cairan disinfektan seperti karbol. Dengan demikian lantai lebih higienis dan kuman penyakit tidak berkembang.

Rawatlah Dinding

Dinding yang bernoda dan ber­jamur bisa menjadi tempat subur tumbuhnya kuman penyakit. Ter­uta­ma dinding yang sering terkena air. Karena itu harus dilakukan perawatan berkala.

Cara yang paling sering diterapkan adalah pengecatan ulang. Namun bila ingin sedikit menghemat biaya, Anda bisa men­coba melakukan pembersihan dengan mengelap dinding. Guna­­kan­lah air sabun ditambah cair­an disinfektan untuk sekaligus mem­bersihkan kuman. Gunakan sikat bila noda terlalu sulit dibersihkan.

Supaya dinding terhindar dari noda dan jamur, Anda dapat melapisi lagi dengan lapisan tahan air. Bisa juga dicat ulang dengan cat tahan cuaca.

Plafon dan Atap

Perhatikan juga plafon rumah Anda. Kebocoran pada genteng, selain membuat air merembes ke rumah, juga dapat menyebabkan hama masuk. Pertama adalah rayap, yang larvanya terkadang terbawa bersama air hujan. Rayap akan menggerogoti konstruksi atap bila menggunakan kayu ataupun plafon triplek, bahkan pelapis kertas dari plafon gipsum.

Hewan pengerat juga bisa masuk melalui lubang di atap dan bersarang di balik plafon rumah Anda. Segera perbaiki kebocoran dengan memberi lapisan antibocor. Ganti genteng yang pecah, sebelum hama singgah.

Foto: iDEA/Hendra Nizwar

Sumber: Rumah Sehat Bebas Hama

Editor : Rasantika M. Seta

Latest