Follow Us

Septic tank Boifil: Awet & Aman Bagi Lingkungan

Rasantika M. Seta - Kamis, 10 Juni 2010 | 08:33
Septic tank Boifil Awet Aman Bagi Lingkungan
Rasantika M. Seta

Septic tank Boifil Awet Aman Bagi Lingkungan

Septic tank konvensional di lahan sempit sudah tidak ideal. Selain jarak antara resapan septic tank dengan sumber air bersih terlalu dekat, resapannya juga kurang sempurna. Dampaknya cukup serius, sumber air bersih mudah tercemar dan penghuni rumah mudah terserang penyakit.

Untuk mengurangi dampak tadi, Anda dapat menggunakan septic tank alternatif, Biofil. Septic tank Biofil jelas dicetak di pabrik (pabrikasi). Biofil dilengkapi sistem disinfektan sehingga hasil proses Biofil dapat dialirkan langsung ke drainase umum tanpa pencemaran.

Sistem disinfektan terdapat pada outlet Biofil, sebagai area pencucian hama, sebelum disalurkan ke drainase umum. Di dalam biofil terjadi proses penguraian kotoran secara biologis dan filterisasi secara bertahap melalui kompartemen yang tersedia.

Mula-mula, melalui saringan awal, kotoran akan masuk ke kompartemen I, lalu menuju ke kompartemen II. Di sana kotoran diproses oleh bakteri pengurai yang hidup di Megacell A, lalu disaring. Megacell adalah media kontak berdesain khusus agar bakteri pengurai tumbuh dengan efektif.

Sisa kotoran mengalir ke kompartemen III, dan kembali terjadi penguraian oleh bakteri, yang hidup di Megacell B, lalu terjadi penyaringan. Terakhir, hasil prosesnya dibuang melalui outlet ke drainase umum.

Biofil terbuat dari bahan fiberglass sehingga tahan karat hingga bagian dalamnya. Jika septic tank konvensional memerlukan sumur resapan, tidak demikian dengan Biofil. Walhasil ia tidak memakan banyak tempat. Biofil dapat diletakkan di tempat terbuka, seperti taman dan carport. Terdapat lubang ventilasi 2inci berguna untuk mengalirkan gas hasil penguraian ke udara bebas.

Foto: Dok. Induro International

Editor : Rasantika M. Seta

Latest