Follow Us

Yuk, Percantik Mebel Lama dengan Lapisan Baru!

Febrina Syaifullana (@vinna_mooo) - Rabu, 24 Juli 2013 | 06:13
Yuk Percantik Mebel Lama dengan Lapisan Baru
Febrina Syaifullana (@vinna_mooo)

Yuk Percantik Mebel Lama dengan Lapisan Baru

Seberapa sering Anda mengganti furnitur karena terlihat sudah kusam dan kotor karena umur? Sangat jarang? Kalau iya, tapi Anda sudah bosan dan tampilan furnitur jelek, ganti saja bungkusnya. Berikut tahapan mengganti lapisan furnitur dengan HPL.

Ukur dimensi furnitur yang akan dikerjakan. Mulailah dari sisi atas karena bagian tersebut yang berkaitan erat dengan bagian sisi-sisi yang lain. Lanjutkan dengan mengukur bagian samping, depan, dan belakang.Terapkan ukuran furnitur pada bidang pelapis yang akan digunakan. Bila ukuran material tidak mencukupi, buatlah sambungannya dengan pola yang sama.Lihat kondisi furnitur. Jika ada coak, dempul dengan dempul kayu dan ampelas hingga permukaannya rata kembali.Tahap selanjutnya adalah mengoles pelapis dengan lem. Oleskan dengan rata. Tunggu antara 5-10menit agar lem berdaya rekat kuat.Tempelkan pelapis, mulai dari salah satu sisi furnitur. Lakukan dengan perlahan-lahan, sehingga pelapis menempel dengan rata. Tekan pelapis dengan tangan yang dialasi kain di antara pelapis dan tangan, hingga pelapis betul-betul menempel rapat.

Ukur dimensi furnitur yang akan dikerjakan. Mulailah dari sisi atas karena bagian tersebut yang berkaitan erat dengan bagian sisi-sisi yang lain. Lanjutkan dengan mengukur bagian samping, depan, dan belakang.

Terapkan ukuran furnitur pada bidang pelapis yang akan digunakan. Bila ukuran material tidak mencukupi, buatlah sambungannya dengan pola yang sama.

Lihat kondisi furnitur. Jika ada coak, dempul dengan dempul kayu dan ampelas hingga permukaannya rata kembali.

Tahap selanjutnya adalah mengoles pelapis dengan lem. Oleskan dengan rata. Tunggu antara 5-10menit agar lem berdaya rekat kuat.

Tempelkan pelapis, mulai dari salah satu sisi furnitur. Lakukan dengan perlahan-lahan, sehingga pelapis menempel dengan rata. Tekan pelapis dengan tangan yang dialasi kain di antara pelapis dan tangan, hingga pelapis betul-betul menempel rapat.

Ilustrasi : iDEA/Indra Zaka Permana

Editor : Febrina Syaifullana (@vinna_mooo)

Latest