Follow Us

Tips Memasang Wallcover Tanpa Bantuan Tukang

Devi F. Yuliwardhani - Kamis, 15 Agustus 2013 | 12:00
Tips Memasang Wallcover Tanpa Bantuan Tukang
Devi F. Yuliwardhani

Tips Memasang Wallcover Tanpa Bantuan Tukang

Alat dan Bahan:

1.Wallcover (per rol ukuran 53cm x 10m)

2.Lem khusus wallcover (cairkan lem dengan air dingin, 125g lem dicampur 4 liter air. Cukup untuk 7-8 rol wallcover)

3.Tangga, cutter, roller dan kuas, ember kecil, meteran, lap atau sapu dinding, spons, benang dan bendul, kuas lem dari karpet bulu dam luas perata dari fiber (buatan sendiri).

Langkah pengerjaan:

1.Ukur tembok dengan meteran - tinggi dari lantai sampai plafon dan panjang bidang, dikurangi jendela, pintu, atau AC. Untuk memulai pemasangan wallcover, sebaiknya di bagian yang tak banyak celah (sudut, jendela, dll). Beri garis untuk batas awal pemasangan.

2.Potong wallcover sesuai tinggi plafon - umumnya 2,7-3m. Jadi, satu rol memperoleh tiga potongan. Perhatikan motifnya. Pada saat memotong wallcover, sejajarkan motif atau gambarnya agar pas dan sesuai.

3.Lem bagian belakang wallcover secara merata dengan menggunakan kuas lem yang terbuat dari karpet bulu - boleh juga dengan kuas atau rol cat. Kemudian lipat menjadi lipatan sekitar 30cm agar lem tak cepat kering dan mudah diaplikasikan. Caranya, bagian yang dilem disatukan dengan yang dilem, dan sebaliknya bagian permukaan dengan yang permukaan.

4.Bersihkan dinding dengan lap kering atau sapu dinding. Beri lem pada bagian dinding yang akan dipasangi wallcover. Pasang dimulai dari garis awal dan dari atas ke bawah (pakai tangga). Rekatkan dengan cermat dan rapi.

5.Jika sudah terekat sempurna, rapikan dengan perata dari fiber agar tidak menggelembung. Kemudian serap cairan lem dengan spons.

Foto: iDEA/Tri

Teks: Reni/Dwiyasista

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest