Follow Us

Cara Sederhana Menyamankan Rumah

Febrina Syaifullana (@vinna_mooo) - Jumat, 11 Oktober 2013 | 10:00
Cara Sederhana Menyamankan Rumah
Febrina Syaifullana (@vinna_mooo)

Cara Sederhana Menyamankan Rumah

Kenyamanan jadi hal yang prioritas saat kita berbincang tentang rumah. Kemana lagi kita pulang, kalau bukan ke rumah. Nah, untuk mewujudkan kenyamanan tersebut, kita tidak harus selalu merombak atau merenovasi rumah besar-besaran. Ada cara sederhana sebagai upaya untuk menciptakan sebuah rumah yang nyaman.

Berikut pengetahuan sederhana untuk Anda agar mampu menciptakan rumah nyaman milik sendiri.

Jangan lari dari alam. Sebisa mungkin, buatlah ruang-ruang dalam rumah Anda berintegrasi langsung dengan alam. Jangan biarkan tembok-tembok beton menghalanginya. Atau, jika ternyata tembok-tembok itu sudah ada dan tidak bisa diubah, Anda bisa mencoba cara lain dengan menyediakan inner court (taman dalam) atau sky light (bukaan di atap) di rumah Anda.Pilih kayu untuk negara tropis. Sudah menjadi rahasia umum, material kayu memang memberikan kesan hangat. Tidak hanya dari warnanya yang menenangkan (cokelat), tapi juga karena materialnya yang menciptakan rasa adem dan teduh. Kayu yang bersifat isolator ini bisa menghangatkan suhu di dalam rumah ketika suhu di luar sedang tidak bersahabat.Jangan lupa standar rumah paling dasar. Kebanyakan rumah developer (real estate) yang dibangun tidak memenuhi standar rumah yang esensial. Rumah-rumah yang seragam tersebut memiliki cahaya yang minim, tembok-tembok kaku membatasi ruang-ruang, tidak ada celah untuk pengalaman alam. Maka itu, jadilah konsumen yang cerdas. Minimal, pilih rumah yang sehat, yang memiliki sirkulasi udara baik, pencahayaan cukup, dan terintegrasi dengan alam.Kalau bisa, dinding rumah kita jangan menempel tetangga. Karena akan terus bermasalah; bocor, lembap, dan pada akhirnya mengganggu hubungan dengan tetangga.

Jangan lari dari alam. Sebisa mungkin, buatlah ruang-ruang dalam rumah Anda berintegrasi langsung dengan alam. Jangan biarkan tembok-tembok beton menghalanginya. Atau, jika ternyata tembok-tembok itu sudah ada dan tidak bisa diubah, Anda bisa mencoba cara lain dengan menyediakan inner court (taman dalam) atau sky light (bukaan di atap) di rumah Anda.

Pilih kayu untuk negara tropis. Sudah menjadi rahasia umum, material kayu memang memberikan kesan hangat. Tidak hanya dari warnanya yang menenangkan (cokelat), tapi juga karena materialnya yang menciptakan rasa adem dan teduh. Kayu yang bersifat isolator ini bisa menghangatkan suhu di dalam rumah ketika suhu di luar sedang tidak bersahabat.

Jangan lupa standar rumah paling dasar. Kebanyakan rumah developer (real estate) yang dibangun tidak memenuhi standar rumah yang esensial. Rumah-rumah yang seragam tersebut memiliki cahaya yang minim, tembok-tembok kaku membatasi ruang-ruang, tidak ada celah untuk pengalaman alam. Maka itu, jadilah konsumen yang cerdas. Minimal, pilih rumah yang sehat, yang memiliki sirkulasi udara baik, pencahayaan cukup, dan terintegrasi dengan alam.

Kalau bisa, dinding rumah kita jangan menempel tetangga. Karena akan terus bermasalah; bocor, lembap, dan pada akhirnya mengganggu hubungan dengan tetangga.

Sumber: intisari-online.com

Editor : Febrina Syaifullana (@vinna_mooo)

Latest