Follow Us

Mengalirkan Air di Dinding Kaca

Devi F. Yuliwardhani - Kamis, 28 November 2013 | 00:00
Mengalirkan Air di Dinding Kaca
Devi F. Yuliwardhani

Mengalirkan Air di Dinding Kaca

Untuk membuatnya ternyata tak menuntut tukang berspesialisasi khusus. Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan:

Alat dan bahan:

Kaca jendelaPompa air celup 150watt. (Harga sekitar Rp 250.000)Pipa PVC diameter 1/2 inchi - 5/8 inchi. Kebutuhan disesuaikan dengan rancangan instalasi popaKnee, sealant kaca, dan lem PVC

Kaca jendela

Pompa air celup 150watt. (Harga sekitar Rp 250.000)

Pipa PVC diameter 1/2 inchi - 5/8 inchi. Kebutuhan disesuaikan dengan rancangan instalasi popa

Knee, sealant kaca, dan lem PVC

Langkah-langkah pengerjaan:

Siapkan kaca. Jika hendak mengalirkan air di permukaan kaca jendela, lapiskan sealant kaca ke seluruh sudut pertemuan kaca dengan kusen. Pastikan sealant menutup rapat semua pori-pori atau celah antara kaca dengan kusen. Sebaiknya gunakan kusen aluminium agar tahan lama. Ketika memasang kaca, pastikan kaca sedikit rebah ke belakang.Buat kolam di sepanjang bagian bawah jendela kaca. Kedalaman kolam cukup 40-50cm. Kolam berfungsi menampung air yang jatuh dan menjadi tempat meletakkan pompa, untuk mengalirkan air ke bagian atas jendela kaca.Ukur lebar bagian atas jendela kaca. Potong PVC sesuai dengan ukuran itu. Buatlah lubang-lubang di sepanjang permukaan PVC. Diameter lubang cukup 2mm. Jarak antarlubang sekitar 5cm. Buat lubang-lubang itu pada satu garis lurus. Letakkan pipa horizontal dan "ikat" di bagian atas jendela. Deretan lubang harus menghadap ke permukaan kaca. Tutup salah satu ujung menggunakan penutup PVC. Gunakan lem agar tutup terpasang rapat.Ukur tinggi jendela hingga ke bagian dasar kolam. Potong PVC sesuai dengan ukuran itu. PVC ini berfungsi sebagai penghubung antara pipa horizontal di bagian atas kaca dengan pompa air di dalam kolam. Gunakan knee dan lem PVC untuk pemasangan.Ambil pompa dan letakkan di bagian dasar kolam. Hubungkan pompa dengan pipa PVC yang telah terpasang. Setelah itu, isi kolam dengan air hingga penuh. Nyalakan pompa, air pun mengalir di atas permukaan kaca.

Siapkan kaca. Jika hendak mengalirkan air di permukaan kaca jendela, lapiskan sealant kaca ke seluruh sudut pertemuan kaca dengan kusen. Pastikan sealant menutup rapat semua pori-pori atau celah antara kaca dengan kusen. Sebaiknya gunakan kusen aluminium agar tahan lama. Ketika memasang kaca, pastikan kaca sedikit rebah ke belakang.

Buat kolam di sepanjang bagian bawah jendela kaca. Kedalaman kolam cukup 40-50cm. Kolam berfungsi menampung air yang jatuh dan menjadi tempat meletakkan pompa, untuk mengalirkan air ke bagian atas jendela kaca.

Ukur lebar bagian atas jendela kaca. Potong PVC sesuai dengan ukuran itu. Buatlah lubang-lubang di sepanjang permukaan PVC. Diameter lubang cukup 2mm. Jarak antarlubang sekitar 5cm. Buat lubang-lubang itu pada satu garis lurus. Letakkan pipa horizontal dan "ikat" di bagian atas jendela. Deretan lubang harus menghadap ke permukaan kaca. Tutup salah satu ujung menggunakan penutup PVC. Gunakan lem agar tutup terpasang rapat.

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest