Follow Us

Kiat Menjaga Lantai Kayu Tetap Mengkilat

Devi F. Yuliwardhani - Selasa, 01 April 2014 | 00:30
Kiat Menjaga Lantai Kayu Tetap Mengkilat
Devi F. Yuliwardhani

Kiat Menjaga Lantai Kayu Tetap Mengkilat

iDEAonline.co.id - Kayu memiliki tekstur berserat dapat menambah estetika interior rumah. Tak heran apabila banyak yang mengaplikasikan kayu sebagai bagian dari interior rumah. Umumnya kayu digunakan sebagai lantai rumah, kantor ataupun mall.

Tekstur berserat dan mengkilat membuat kayu menjadi aksen tersendiri dalam ruangan. Agar lantai kayu tetap terlihat memukau, perlu perawatan khusus. Tak cukup hanya menyapu atau mem-vaccum lantai secara berkala. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan dalam merawat lantai kayu agar tetap mengkilat.

Bersihkan lantai kayu dengan campuran cuka dan air. Campuran cairan ini dapat menjaga lantai tetap mengkilat dan bersih dari debu. Cairan campuran cuka dan air jauh efektif membersihkan lantai kayu daripada sabun. Jangan lupa untuk segera memberihkan tumpahan cairan agar lantai kayu terhindar dari kerusakan.Gunakan alas kaki dengan sol halus. Alas kaki dengan sol keras seperti sepatu bots atau high heels dapat menyebabkan lecet pada lantai kayu sehingga membuat lantai kayu menjadi kusam dan tidak mengkilat lagi. Gunakan sol berbahan halus yang bersahabat dengan lantai kayu seperti sol karet atau kain. Perhatikan juga kebersihan alas kaki. Jika rumah Anda memiliki jendela besar yang memungkinkan sinar matahari masuk ke dalam rumah, pastikan Anda menggunakan kaca film. Agar sinar matahari tidak langsung masuk ke dalam rumah. Pasalnya sinar matahari atau sinar UV sangat tidak bersahabat dengan lantai kayu. Sinar UV yang terlalu keras dapat menyebabkan warna kayu memudar. Alternatif lain selain memasang kaca film, Anda juga dapat memasang tirai pada jendela rumah.Tutup lantai kayu dengan menggunakan karpet, tikar atau keset pada area yang sering dilewati. Terutapa pada ruangan yang memiliki tingkat aktivitas tinggi seperti tangga atau ruang keluarga.Gunakan bantalan pada kaki furnitur agar tidak terjadi gesekan antara furnitur dengan lantai yang dapat menyebabkan lecet pada lantai kayu.

Bersihkan lantai kayu dengan campuran cuka dan air. Campuran cairan ini dapat menjaga lantai tetap mengkilat dan bersih dari debu. Cairan campuran cuka dan air jauh efektif membersihkan lantai kayu daripada sabun. Jangan lupa untuk segera memberihkan tumpahan cairan agar lantai kayu terhindar dari kerusakan.

Gunakan alas kaki dengan sol halus. Alas kaki dengan sol keras seperti sepatu bots atau high heels dapat menyebabkan lecet pada lantai kayu sehingga membuat lantai kayu menjadi kusam dan tidak mengkilat lagi. Gunakan sol berbahan halus yang bersahabat dengan lantai kayu seperti sol karet atau kain. Perhatikan juga kebersihan alas kaki.

Jika rumah Anda memiliki jendela besar yang memungkinkan sinar matahari masuk ke dalam rumah, pastikan Anda menggunakan kaca film. Agar sinar matahari tidak langsung masuk ke dalam rumah. Pasalnya sinar matahari atau sinar UV sangat tidak bersahabat dengan lantai kayu. Sinar UV yang terlalu keras dapat menyebabkan warna kayu memudar. Alternatif lain selain memasang kaca film, Anda juga dapat memasang tirai pada jendela rumah.

Tutup lantai kayu dengan menggunakan karpet, tikar atau keset pada area yang sering dilewati. Terutapa pada ruangan yang memiliki tingkat aktivitas tinggi seperti tangga atau ruang keluarga.

Gunakan bantalan pada kaki furnitur agar tidak terjadi gesekan antara furnitur dengan lantai yang dapat menyebabkan lecet pada lantai kayu.

Selamat mencoba iDEA-Lovers!

Sumber: www.decoist.com

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest