Follow Us

Cara Atasi Kompor Meledak

Devi F. Yuliwardhani - Senin, 28 April 2014 | 08:10
Cara Atasi Kompor Meledak
Devi F. Yuliwardhani

Cara Atasi Kompor Meledak

iDEAonline.co.id - Kebakaran merupakan salah satu bencana yang sering terjadi di Indonesia. Baru-baru ini, kebakaran melanda Pasar Senin, salah satu pusat perdagangan yang terletak di Jakarta Pusat, Jakarta.

Dalam kebakaran tersebut sekitar 3.000 kios kebakaran. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut. Namun, ditafsirkan kerugian mencapai lebih dari Rp 100 miliar. Begitu besarnya kerugian yang dapat ditimbulkan oleh kebakaran sehingga kita sangat perlu berhati-hati dalam menghadapinya.

Kebakaran bisa terjadi kapan saja . Tabung gas atau kompor meledak, sering sekali menjadi penyebab terjadinya kebakaran. Jika api segera dipadamkan sebelum membesar, maka Anda bisa menghindari potensi kebakaran yang lebih besar. Berikut beberapa langkah yang harus dilakukan dalam menghadapi kompor meledak:

Sewaktu kebakaran terjadi, usahakan diri Anda untuk tetap tenang dan tidak penaik, sehingga Anda bisa berkonsentrasi penuh menghadapi kompor meledak. Ambilah karung goni, atau kain apa saja (selimut/sarung/kain tebal lainnya), rendam dengan air. Kemudian letakkan karung goni ataupun kain tersebut menutupi sumber api. Pada saat Anda bergerak mendekati sumber api, pastikan badan Anda terlindungi, dengan memegang karung ataupun kain yang basah dengan benar. Selain itu, jangan mendatangi sumber api dengan cara yang berlawanan dengan arah angin.Perhatikan dengan cermat, apakah sumber api pada kompor meledak tersebut sudah tertutup penuh oleh kain atau belum. Langkah ini akan membantu sumber api kehilangan oksigen, sehingga api tidak semakin membesar. Pada saat berusaha menutup sumber api tersebut, usahakan untuk tidak melemparnya. Jika dilemar, bisa menyebabkan sumber api semakin menyebar dan api semakin sulit dikendalikan.

Sewaktu kebakaran terjadi, usahakan diri Anda untuk tetap tenang dan tidak penaik, sehingga Anda bisa berkonsentrasi penuh menghadapi kompor meledak.

Ambilah karung goni, atau kain apa saja (selimut/sarung/kain tebal lainnya), rendam dengan air. Kemudian letakkan karung goni ataupun kain tersebut menutupi sumber api.

Pada saat Anda bergerak mendekati sumber api, pastikan badan Anda terlindungi, dengan memegang karung ataupun kain yang basah dengan benar. Selain itu, jangan mendatangi sumber api dengan cara yang berlawanan dengan arah angin.

Perhatikan dengan cermat, apakah sumber api pada kompor meledak tersebut sudah tertutup penuh oleh kain atau belum. Langkah ini akan membantu sumber api kehilangan oksigen, sehingga api tidak semakin membesar.

Pada saat berusaha menutup sumber api tersebut, usahakan untuk tidak melemparnya. Jika dilemar, bisa menyebabkan sumber api semakin menyebar dan api semakin sulit dikendalikan.

Sumber : http://regional.kompas.com/

Foto : http://internasional.kompas.com/

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest