Follow Us

Yuk, Menata Lampu di Ruang Dalam

Maulina Kadiranti - Senin, 09 Juni 2014 | 10:10
Yuk Menata Lampu di Ruang Dalam
Maulina Kadiranti

Yuk Menata Lampu di Ruang Dalam

iDEAonline.co.id - Untuk mengetahui tips jitu cara menata lampu di ruangan rumah Anda, Lara Proctor ahli pencahayaan dari Seattle akan membimbing Anda.

Saran pertama dari cara menata lampu adalah, sebaiknya Anda untuk menggunakan tiga tipe pencahayaan agar ruangan agar lebih cantik dan tepat guna. Tiga tipe tersebut adalah pencahayaan umum, khusus, dan aksen.

Pencahayaan umum adalah lampu yang ada di titik pusat plafon Anda. Contohnya Lampu gantung, chandelier, bahkan lampu LED bisa menjadi pilihan. Sedangkan, lampu khusus adalah lampu sorot yang bisa memudahkan Anda bekerja, contohnya lampu meja dan lampu gantung di atas meja makan.

Lalu untuk lampu aksen, maksudnya adalah lampu tambahan untuk menerangi lukisan, atau lampu yang menyorot sudut ruangan. Lampu-lampu ini bisa menambahkan "drama" dan keindahan dalam rumah Anda.

Setelah itu, Proctor menyarankan Anda untuk menggunakan kembali "rumah-rumah lampu" tua. Membelinya dari toko barang bekas, toko barang antik, atau memintanya dari orang tua Anda adalah langkah yang tepat. Anda bisa menghemat banyak uang, juga mengurangi produksi limbah. Lakukan beberapa penyesuaian dan perbaikan bila diperlukan.

Ketiga, usahakan menggunakan dimmer. Menurut Proctor, dimmer mampu menghemat penggunaan listrik dan memperpanjang umur lampu. Namun, perlu diketahui, dimmer tidak berfungsi pada beberapa jenis lampu. Tanyakan dulu pada penjual lampu atau ahli pencahayaan yang menjual produknya pada Anda.

Dan yang terakhir cobalah berpikiran terbuka pada berbagai pilihan baru. Saat ini, LED memang jenis lampu paling hemat energi. Namun, tidak mustahil akan ada jenis lampu lain yang lebih hemat dan lebih terang. Jadi kalau suatu saat ada teknologi baru yang lebih hemat energi dari LED jangan takut untuk tidak menggunakannya.

Sumber: apartmenttherrapy.com

Foto: loopclimb.com

Editor : Maulina Kadiranti

Latest