Follow Us

Cara Memotong Bunga Agar Tahan Lama

Maulina Kadiranti - Rabu, 02 Juli 2014 | 01:00
Cara Memotong Bunga Agar Tahan Lama
Maulina Kadiranti

Cara Memotong Bunga Agar Tahan Lama

iDEAonline.co.id - Memotong bunga di taman untuk ditaruh di vas sebagai hiasan memang mudah. Tinggal potong batang bunganya, tempatkan pada vas berisi air, dan letakkan vas di ruang yang Anda inginkan. Jadilah bunga hias dalam ruangan. Setelahnya, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Biasanya, umur bunga potong itu tak panjang. Bagaimana cara membuat bunga potong tersebut tidak cepat layu? Ini dia beberapa cara memotong bunga potong agar tahan lama. Yuk, baca.

Langkah-langkah pengerjaan:

1. Gunakan pisau tajam saat memotong bunga. Hindari penggunaan gunting. Namun bila terpaksa, pakailah gunting atau pisau pemangkas yang tajam. Jika bunga dibawa dari tempat panas, jangan langsung diletakkan di air dingin. Tunggu sampai suhu air seimbang atau sama dengan suhu ruangan. Sebelum diatur di jambangan, potong dulu ujung batang bunga sekitar 1 cm.

2. Celupkan terlebih dahulu bunga ke dalam air hangat dengan suhu antara 38-43o Celcius selama tiga jam atau lebih. Proses ini dilakukan untuk memulihkan bunga dari keadaan layu dan dehidrasi.

3. Tambahkan zat pengawet ke dalam air rendaman di dalam vas. Bisa memakai 2% gula dan setengah atau satu sendok teh cuka yang didestilasikan. Tambahan zat pengawet ini dimaksudkan untuk menekan jasad renik. Selain itu juga dapat meningkatkan kemampuan jaringan untuk menahan air serta memperlancar penyerapan air.

Cara memotong bunga potong agar tahan lama ini sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari. Pada saat itu suhu udara masih rendah dan batang bunga tetap keras, sehingga bekas irisan akan lebih mudah pulih.

Sumber: Majalah iDEA Edisi 08/01 - September 2004 Halaman 26-27

Editor : Maulina Kadiranti

Latest

Popular

Tag Popular