Follow Us

Waspadai 3 Titik rawan bocor

Maulina Kadiranti - Rabu, 02 Juli 2014 | 12:10
Waspadai 3 Titik rawan bocor
Maulina Kadiranti

Waspadai 3 Titik rawan bocor

iDEAonline.co.id - Atap bocor bila dibiarkan berlama-lama bisa membuat bagian bangunan rusak. Bekas bocoran juga dapat menimbulkan flek yang bikin atap rumah Anda tidak sedap dipandang. Kebocoran disebabkan banyak hal, salah satunya karena ada celah yang membuat air dapat merembes masuk dan mengalir ke bawah.

Untuk mengatasinya, Anda perlu mengetahui adanya tiga titik rawan bocor di atap rumah. Pertama dari nok atas pegangan genting, kedua genting yang pecah, dan ketiga talang.

Untuk nok, kebocoran terjadi karena lapisan semen untuk pegangan genting tidak kuat atau mulai retak. Cara mengatasinya harus membongkar lapisan semen yang sudah rusak itu dan mengganti dengan lapisan baru. Pada kasus genting retak atau pecah, solusi termudah tentu saja menggantinya dengan genting yang baru.

Salah satu dari tiga titik rawan bocor lainnya adalah talang. Karena posisinya berada di bagian ujung jalan air, talang, baik jenis dak beton maupun karpet, seringkali menimbulkan masalah. Sambungan antar-bangunan atau bagian-bagian yang sering terjadi pergerakan biasanya menjadi sumber kebocoran.

Untuk kebocoran di lubang pembuangan, biasanya sudah dimulai pada proses pembuatan. Jika tukang bangunan kurang berhati-hati saat memasang pipa, maka air tak turun ke pipa, melainkan lewat celah di bibir pipa dan merembes di sisi luarnya. Sama halnya dengan kerusakan di sambungan. Biasanya proses penyemenan tidak sempurna, sehingga retak saat tertimpa panas dan hujan.

Kebocoran pada talang dapat diatasi dengan menggunakan waterproofing. Tetapi, waterproofing tidak bisa digunakan begitu saja. Anda perlu mengetahui kondisi keretakannya terlebih dahulu. Jika retak besar, Anda butuh bahan tambalan, seperti batuband. Untuk retak kecil, gunakan polyester mesh yang bentuknya seperti kain kasa.

Syarat penggunaan waterproofing adalah permukaan yang bersih. Oleh karena itu, sebelumnya gunakan bahan pengikat semen yang sekaligus mengikat debu (bonding agent). Bahan ini sekaligus menjadi lapisan awal waterproofing.

Bila sudah mengenali tiga titik rawan bocor di atap , Anda dapat melakukan penanganan dengan cara yang tepat dan mencegahnya untuk tak bocor lagi. Dengan demikian, flek pada plafon dan kerepotan akibat kebocoran pun terhindar.

Sumber: Majalah iDEA Edisi 02/01 - Maret 2004 Halaman 28-29

Editor : Maulina Kadiranti

Latest