Follow Us

Kenalan Yuk Dengan Jenis Rel Pintu!

- Jumat, 04 Juli 2014 | 03:00
Ragam Jenis Rel Pintu
idea

Ragam Jenis Rel Pintu

iDEAonline - Terbatasnya ruang kini tidak lagi menjadi masalah dengan pemilihan pintu yang tepat. Pintu geser yang tidak menggunakan engsel ini salah satunya. Pasalnya pintu model ini tidak menyita ruang seperti pintu model swing. Pintu geser dapat dibuka dan tutup dengan arah pintu sejajar dengan dinding.

Engsel pada pintu diganti dengan rel yang terpasang di bagian atas pintu. Sehingga pemasangannya menggantung dengan rel yang terpatri pada kusen atau dinding atas. Terdapat beberapa jenis rel pintu yang bisa Anda pilih.

Di pasaran terdapat dua jenis rel pintu, yaitu sistem pelor (gotri) dan sistem roda. Keduanya memiliki mekanisme kerja yang hampir serupa. Roda dan pelor menjadi bantalan "empuk" untuk menggeser pintu yang dibantungkan pada sistem mekanis rel. bedanya terdapat pada material bantalan.

Sementara itu bila dilihat dari struktur mekanismenya, rel beroda jauh lebih kuat dan awet. Hal ini dikarenakan berat pintu dipikul roda kecil yang kuat. Sedangkann model pelor justru memiliki kelemahan di pelornya itu. Pasalnya pelor mudah pecah. Jika pecah, pintu yang tergantung akan jatuh.

Rel pintu dengan sistem mekanik yang menggunakan roda, terbagi lagi menjadi dua jenis: rel untuk satu pintu and rel untuk banyak daun pintu. Rel untuk banyak daun pintu digunakan pada pintu garasi. Ukuran rel ini cenderung besar, mulai dari yang berdimensi 4cmx4,5cm, 5cmx5,5cm sampai 6cmx6cm.

Itu dia jenis-jenis rel pintu yang bisa Anda pilih. Mana yang cocok dengan Anda?

Editor : Maulina Kadiranti

Latest

Konsisten Dukung Konstruksi Berkelanjutan, Onduline Indonesia Kembali Raih Sertifikat Green Label Indonesia
Ciptakan Kamar Tidur Nyaman Layaknya di Hotel Bintang Lima, Tipsnya Gunakan Produk dari IndoLinen
Sambut Ramadhan, Nippon Paint Perkenalkan Koleksi Cat Tren Warna Ramadan 2024
ASEAN Steel Architecture Award 2024 Kembali Digelar, Ini Kategori dan Syarat Pendaftarannya

Popular

Tag Popular