Follow Us

Penyebab Septic Tank Berbau Saat Musim Hujan

Maulina Kadiranti - Rabu, 11 Februari 2015 | 15:39
Penyebab Septic Tank Berbau Saat Musim Hujan
Maulina Kadiranti

Penyebab Septic Tank Berbau Saat Musim Hujan

iDEAonline.co.id- Pernah tidak mencium bau tak sedap dariseptic tank, saat hujan deras? Bisa jadi ini disebabkan terjadi kebocoran padaseptic tankAnda. Kalau dirunut lagi, kebocoran ini ada hubungannya dengan hujan deras yang terus menerus, terutama di musim hujan seperti sekarang.

Hujan membasahi tanah, tempat septic tank ditanam. Akibatnya tanah menjadi sangat lembap dan tidak normal. Keadaan ini bisa menyebabkan sambungan-sambungan pipa pada septic tank longgar. Terus menerus dalam keadaan lembap, juga bisa membuat dinding septic tank retak. Akibatnya, air septic tank merembes ke tanah, hingga tercium bau tak sedap.

Masalah seperti ini biasanya terjadi pada septic tank yang sudah berusia lebih dari dua tahun. Tapi tidak tertutup kemungkinan juga, septic tank baru mengalaminya. Apalagi kalau pemasangan awalnya tidak benar.

Untuk menghindari masalah ini, lakukan pengecekan rutin pada pipa, sambungan, dan dinding septic tank. Kalau sudah terlanjur rusak, mau tidak mau kita harus mengganti pipa atau memperbaiki dinding. Biayanya tentu mahal.

Ada baiknya juga, kosongkan septic tank saat menjelang musim hujan. Kita tidak pernah bisa meramalkan kapan terjadinya hujan deras dan lamanya. Aliran air yang begitu banyak, sangat mungkin memenuhi septic tank. Bayangkan kalau septic tank dalam keadaan penuh, ditambah volume air demikian banyak, gak heran kalau septic tank meluap.

Jadi, sebelum masalah bau-bauan tak sedap ini tercium hidung, lakukan pencegahan sejak dini. Segeralah perbaiki yang rusak dan jangan lupa lakukan pengcekan rutin.

Foto: capefearplumber

Editor : Maulina Kadiranti

Latest