Follow Us

5 Tips Merawat Karpet Agar Tetap Bersih dan Indah

- Rabu, 26 April 2017 | 08:00
5 Jenis Karpet yang Perlu Anda Ketahui
idea

5 Jenis Karpet yang Perlu Anda Ketahui

iDEAonline - Membersihkan karpet secara berkala, bertujuan untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel pada serat karpet.

Karpet yang dalam waktu lama tidak dibersihkan bisa menjadi sarang kuman, kutu penyebab alergi dan penyakit.

Perawatan berkala juga menjadi cara untuk mengurangi risiko warna karpet menjadi pudar. Sebagai panduan, berikut 5 cara merawat karpet agar tetap bersih dan indah.

1. Lakukan Penyedotan Debu

Lakukan penyedotan debu pada karpet minimal dua kali seminggu, tergantung pada lokasi penempatan karpet. Semakin sering orang berlalu-lalang di ruang tersebut, semakin sering pula pembersihan karpet harus dilakukan. Pembersihan dapat dilakukan dengan menggunakan vacuum cleaner atau penghisap debu. Warna karpet akan mudah pudar bila terkena paparan matahari terus menerus dalam jangka waktu lama. Atur ulang posisi karpet Anda, bila sebagian karpet terkena cahaya matahari terus menerus.

2. Perhatikan Jenis Vacuum Cleaner

Ketika membersihkan karpet, sebaiknya perhatikan jenis vacuum cleaner yang Anda gunakan. Pilih jenis kering/dry. Untuk meminimalkan debu dan kotoran mikro penyebab alergi, sebaiknya Anda memilih vacuum cleaner dengan penyaring berjenis high efficiency particulate arresting (HEPA).

3. Cuci Secara Berkala

Untuk merawat karpet sebisa mungkin cuci secara berkala, minimal 6 bulan sekali. Gunakan mesin cuci dan detergen khusus karpet. Jika pembersihan dilakukan manual, gunakan selang air bertekenan tinggi yang disemprotkan ke bidang karpet. Ketika Anda membersihkan karpet. Hindari menyikat karpet dengan keras saat mencuci untuk menghindari serat karpet, jangan sampai Anda ingin membersihkan malah berujung rusak.

4. Segara Bersihkan

Bila karpet Anda terkena noda, segara bersihkan. Jangan menunggu sampai noda mengering. Semakin lama noda menempel di karpet, semakin sulit untuk dibersihkan.

5. Menghubungi Jasa Mencuci Karpet

Bila Anda merasa terlalu repot untuk merawat karpet ruang karena merasa ukuran yang terlalu besar, Anda bisa menghubungi jasa mencuci karpet. Biaya yang dibutuhkan berkisar Rp 50 ribu - Rp 150 ribu, bergantung pada jenis dan luasan karpet yang Anda miliki.

Sumber: iDEA 134/XI/Juli 2014

Foto: orange-restoration.com

Editor : iDEA

Latest