Follow Us

3 Tips Hindari Membuang Makanan Sisa dalam Rumah

Sabrina Alisa - Kamis, 28 April 2016 | 06:00
3 Tips Hindari Membuang Makanan Sisa dalam Rumah
Sabrina Alisa

3 Tips Hindari Membuang Makanan Sisa dalam Rumah

iDEAonline.co.id -- Kebanyakan orang tidak menyadari berapa banyak makanan sisa yang telah dibuang setiap harinya. Seperti yang dimuat dalam United States Environmental Protection Agency, dikatakan bahwa 95% dari makanan yang kita konsumsi akan berakhir di tempat pembuangan sampah.

Tahukah Anda, kebiasaan tidak menghabiskan makanan ternyata berpengaruh pada lingkungan. Setelah di tempat pembuangan sampah, makanan ternyata akan rusak dan dapat menghasilkan metana--salah satu gas rumah kaca--yang berkontribusi terhadap perubahan iklim.

Berarti dengan Anda mengurangi makanan terbuang maka Anda pun mengurangi emisi metana. Selain dapat membantu menjaga bumi, mengurangi makanan terbuang juga memiliki manfaat lain. Dengan mengurangi makanan terbuang, otomatis Anda menghemat uang karena akan membeli makanan tak berlebihan lagi. Dan tentunya, Anda juga akan mengurangi polusi yang timbul saat proses pengangkutan limbah makanan ke tempat penimbunan.

Sebuah perencanaan, persiapan, dan penyimpanan makan dapat membantu keluarga Anda untuk tidak lagi membuang makanan. Ikuti tips-nya di bawah ini.

Perencanaan

Dalam melakukan segala sesuatu butuh perencaaan. Ketika Anda membuat daftar makanan yang harus dibeli untuk seminggu ke depan, berarti Anda sudah menghemat uang dan waktu. Seandainya, Anda tidak membeli makanan secara berlebih maka sangat mungkin bagi Anda untuk bisa membuatnya makanan tetap segar dan dapat digunakan semuanya tanpa ada yang terbuang.

Persiapan

Langsung pisahkan makanan yang mudah basi selesai Anda berbelanja sehingga Anda akan tahu mana bahan makanan yang harus dimasak terlebih dahulu dan mana yang tidak. Memilah bahan makanan ini penting untuk mempermudah Anda dalam mengurangi makanan terbuang.

Penyimpanan

Simpan sayuran dan buah-buahan ke dalam kulkas. Mereka akan tetap segar sehingga Anda dapat memakan buah dan sayur tanpa ada yang terbuang karena sudah busuk.

Masih ada tips terakhir. Yup, berhemat. Anda harus berhati-hati saat berbelanja. Bisa jadi bahan makanan yang Anda beli secara berlebih menjadi tidak terpakai karena Anda menemukan cara membuat hidangan favorit baru.

So, Jangan buang-buang makanan lagi ya iDEA lovers..

Sumber: www.epa.gov

Editor : Sabrina Alisa

Latest