Follow Us

Ini Dia Langkah Mudah Memperbaiki Plafon Rusak

Sabrina Alisa - Jumat, 22 Juli 2016 | 09:00
Ini Dia Langkah Mudah Memperbaiki Plafon Rusak
Sabrina Alisa

Ini Dia Langkah Mudah Memperbaiki Plafon Rusak

iDEAonline.co.id - Sekarang ini, turunnya hujan tak bisa diprediksi. Bisa saja siang tampak terik, namun hujan deras saat malam tiba. Kondisi yang kadang basah dan kadang kering ini menimbulkan masalah pada bangunan rumah, salah satunya timbol noda pada plafon. Tampilan plafon pun jadi jelek dan kondisinya jadi rapuh.

Pada umumnya, plafon berbahan dasar tripleks, multipleks, atau gipsum. Ketiganya sangat rentan terhadap air sehingga bila kerusakannya sudah tergolong berat maka plafon harus diganti.

Namun, bila nodanya tergolong ringan, plafon tidak perlu diganti. Cukup perbaiki dengan cara berikut ini. Mudah, Anda dapat lakukan seorang diri.

Alat dan Bahan:

1. Kuas2. Roller cat3. Sarung tangan4. Tangga5. Cat tembok6. Ampelas atau kape7. Wadah cat8. Lapisan alkali sealerLangkah Pengerjaan:

1. Pertama, bersihkan permukaan plafon dengan menggunakan ampelas atau kape.2. Lalu, lapisi bagian plafon yang bernoda dengan alkali sealer, kemudian diamkan selama 1-2 jam hingga benar-benar mengering.3. Campurkan cat dan air dengan jumlah air 10% dari jumlah cat. Lapisi permukaan plafon dengan campuran tersebut, kemudian biarkan mengering.4. Langkah selanjutnya, buat campuran baru cat dan air dengan jumlah air 20% dari jumlah cat. Lapisi lagi permukaan plafon dengan campuran tersebut, kemudian biarkan mengering.5. Terakhir, gunakan kuas untuk bagian-bagian sudut yang tidak dapat dijangkau dengan roller. Mudah bukan? Yuk, kembalikan "kecantikan" plafon hunian Anda dengan lima langkah di atas.Sumber: dok.iDEA

Sumber foto: www.homebuilding.co.uk

Editor : Sabrina Alisa

Latest