Follow Us

5 Langkah Sederhana untuk Melukis Dinding

Sabrina Alisa - Senin, 01 Agustus 2016 | 09:30
5 Langkah Sederhana untuk Melukis Dinding
Sabrina Alisa

5 Langkah Sederhana untuk Melukis Dinding

iDEAonline.co.id - Percantik rumah bisa dengan menerapkan 5 langkah sederhana untuk melukis dinding. Lukisan pada dinding atau yang dikenal dengan mural, saat ini banyak diterapkan pada interior ruang. Berbeda dengan dulu, saat mural lebih banyak diterapkan untuk menghias dinding luar bangunan. Pada interior, kehadiran mural dapat menciptakan kesan tertentu pada ruang, sekaligus memperkuat citra ruang yang ingin dibangun.

Karena itu, pemilihan gambar menjadi sangat penting. Misalnya, kamar anak yang membutuhkan suasana ceria, dindingnya dihiasi mural tokoh kartun yang penuh warna. Beda lagi dengan sebuah kafe yang ingin menimbulkan kesan misterius dan penuh fantasi. Jika gambar sudah dipilih, berikut langkah-langkah pembuatannya!1. Pastikan dinding dalam keadaan bersih, bebas dari debu, minyak, dan kotoran lain. Kotoran yang menempel pada dinding akan membuat lukisan tidak menempel sempurna. Jika masih ada sisa cat lama, sebaiknya dikelupas dulu. Begitu pula jika dinding lembap dan berjamur. Pastikan sumber lembap diatasi lebih dulu.

2. Sapukan cat dasar atau primer. Cat dasar berfungsi membuat cat melekat lebih kuat. Warna-warna cat pun akan tampil lebih cerah, karena warna asli dinding yang tidak rata akan terutup dengan warna cat dasar.

3. Mulailah melukis. Jika tidak terbiasa melukis pada bidang besar, gunakan alat bantu berupa grid, yang memotong gambar menjadi bagian-bagian kecil. cara lain, sorot gambar pada dinding dengan proyektor, kemudian ikuti garis dasarnya.

4. Lengkapi mural dengan teknik pengecatan yang memberikan tekstur seperti sponging, agar hasil lukisan lebih berdimensi. Teknik stensil juga dapat digunakan untuk membuat pola yang lebih rapi.

5. Lapisi hasil akhir lukisan dengan vernis. Sebaiknya gunakan vernis yang tidak mengilap (matt) agar saat terkena cahaya lampu, gambar pada dinding tetap jelas terlihat karena tidak ada pantulan cahaya. Selamat berkreasi!Foto: Adeline KrisantiLokasi Foto: The Bunker, Summarecon Serpong, Tangerang

Editor : Sabrina Alisa

Latest