Follow Us

Persiapan Rumah Jelang Memasuki Musim Hujan

Sabrina Alisa - Kamis, 29 September 2016 | 03:44
Persiapan Rumah Jelang Memasuki Musim Hujan
Sabrina Alisa

Persiapan Rumah Jelang Memasuki Musim Hujan

iDEAonline.co.id - Memasuki musim hujan, ada tujuh persiapan untuk rumah yang mesti Anda simak dan lakukan. Pasalnya, tak peduli di mana Anda tinggal, hujan deras yang disertai dengan angin kencang memiliki potensi merusak dan menghancurkan rumah Anda tanpa sempat melakukan pencegahan yang tepat.

Untuk itu, Anda mesti belajar bagaimana mempersiapkan rumah jelang memasuki musim penghujan. Ini untuk menjaga keluarga Anda serta menyelamatkan bangunan rumah dari biaya perbaikan yang tentu menuntut biaya lebih tinggi ketimbang melakukan pencegahan.

Simak, inilah tujuh persiapan rumah jelang memasuki musim hujan.

Cek atap rumah

Periksa atap rumah Anda dua kali per tahun untuk menghindari masalah yang jauh lebih besar. Carilah apakah ada atap yang retak hingga berlubang atau bintik-bintik berkarat. Bila menemukan, perbaiki sesegera mungkin untuk menghindari kebocoran ke dalam rumah yang dapat melembapkan dinding atau langit-langit hunian Anda.

Baca juga: 4 Komponen Utama dalam Rangka Atap Baja Ringan yang Harus Diperhatikan

Periksa pipa aliran air

Lihatlah juga saliran air di rumah. Pastikan tidak ada sampah yang mengumpul di pipa agar aliran air dapat mengalir dengan lancar. Lihat juga ujung dari pipa. Perbaiki bila di ujung pipa tersumbat oleh lumut.

Baca juga: Paralon Bekas Bisa Dijadikan Sebagai Pot Tanaman Unik

Cek bagian dalam hunian

Di dalam rumah, periksa langit-langit untuk memastikan bahwa Anda tidak mengalami tanda-tanda atap rumah bocor atau bencana lainnya seperti cetakan air hujan berwarna coklat, jamur, dan pudarnya warna cat. Lakukan perbaikan yang diperlukan untuk mencegah hal tersebut terjadi lagi pada musim hujan mendatang.

Baca juga: 5 Langkah Memperbaiki Plafon Rusak

Editor : Sabrina Alisa

Latest