Follow Us

7 Tips Jitu Mengganti Lantai Parket Rusak

Sabrina Alisa - Jumat, 14 Oktober 2016 | 09:00
7 Tips Jitu Mengganti Lantai Parket Rusak
Sabrina Alisa

7 Tips Jitu Mengganti Lantai Parket Rusak

iDEAonline.co.id - Lantai merupakan bagian penting sebuah hunian karena untuk memijakkan semua "kaki". Sehingga, material pun harus dipilih dengan tepat dan salah satu material yang digemari untuk lantai adalah parket kayu. Di pasaran, jenis parket kayu olahan bermacam-macam. Ada yang dari kayu merbau, ek, dan maple. Tiap jenis kayu itu memiliki karakter, warna, dan corak yang berbeda. Begitu pula dengan sistem pemasangannya.

Setidaknya ada tiga tipe, yakni lidah-mulut, klik, dan lem-paku. Inti tipe lidah-mulut dan klik adalah salng mengunci. Sementara itu, sistem lem-paku dengan memberi perekat dan mengikatnya dengan paku. Sistem yang satu itu lazim digunakan untuk lantai parket kayu solid yang biasanya mengalami susut-muai.

Parket kayu olahan juga dapat mengalami kerusakan. Penyebabnya antara lain air, gesekan dari benda tajam, pergerakan tanah atau peningkatan suhu plester semen, dan kesalahan pasang. Apabila lantai parket rusak, gantilah hanya pada tile kayu yang rusak, bukan seluruhnya dibongkar. Apalagi tips untuk mengganti lantai parket rusak? Simak yuk di bawah ini!

1. Lepaskan lantai parket yang rusak.

Bor sekeliling lantai parket yang rusak. Lalu, congkel dengan alat catut dan palu. Pastikan Anda tidak merusak kayu di sekitarnya.

2. Kerok adhesive di bawah lantai parket yang rusak.

Setelah parket terlepas, Anda akan menemukan sisa-sisa lem adhesive di bawahnya. Hilangkan sisa-sisa lem tersebut dengan alat pengerok.

3. Cari parket pengganti yang senada.

Ketika Anda membeli, pada kemasan tertulis beberapa keterangan untuk mengetahui keseragaman parket-parket yang dibeli. Jika kemasan parket terdahulu masih ada, Anda tinggal membawa dan menunjukkan pada pegawai di toko material untuk memilihkan parket yang serupa dengan parket yang rusak tersebut.

Namun tentunya, Anda tidak berpikir untuk menyimpan kemasan lama tersebut. Jika demikian, cara lainnya adalah catat ukuran parket, lalu bawa bagian parket yang rusak yang masih tampak motifnya. Kemudian, beli di tempat Anda memesan dulu. Apabila tidak ada, mintalah saran dari pegawai toko.

Sumber: Renovasi

Sumber foto: homedesignboard.com, ideaonline

Editor : Sabrina Alisa

Latest