Follow Us

Tips Desain Ruang Kerja di Rumah Agar Tambah Produktif

Maulina Kadiranti - Senin, 23 Januari 2017 | 02:32
Tips Desain Ruang Kerja di Rumah Agar Tambah Produktif
Maulina Kadiranti

Tips Desain Ruang Kerja di Rumah Agar Tambah Produktif

iDEAonline.co.id - Bisa kerja dari rumah jadi impian banyak orang. Tetapi saat bekerja di rumah sulit mempertahankan produktivitas, karena kadang terganggu urusan pribadi dan keluarga. Salah satu faktor yang dapat meningkatkan produktivitas adalah desain ruang kerja. Apa saja tips desain ruang kerja di rumah yang harus diperhatikan? Simak berikut ini!

1. Pisahkan hal yang yang tidak berkaitan dengan pekerjaan. Jauhkan TV, games, buku bacaan, dan benda-benda lain yang dapat mengalihkan perhatian saat bekerja. Jika memungkinkan, sediakan ruang atau sudut khusus untuk bekerja.

2. Pasang penerangan yang memadai di sekitar area kerja. Bekerja membutuhkan pencahayaan yang cukup untuk menjaga konsentrasi. Warna cahaya cool lebih efektif untuk meningkatkan konsentrasi.

3.Pilih kursi kerja yang nyaman. Waktu kita akan banyak dihabiskan di kursi ini. Sediakan bujet lebih untuk membeli kursi ergonomis yang nyaman, sehingga tidak menyebabkan cedera punggung.

4. Siapkan fasilitas dan peralatan yang mendukung pekerjaan. Akses internet, telepon, sampai printer yang diletakkan dalam jangkauan akan mempermudah kerja. Menunggu alat yang kerjanya lambat akhirnya dapat membuat perhatian kita teralihkan ke urusan pribadi.

5. Sediakan penyimpanan yang cukup. Mood untuk bekerja dapat hilang jika area kerja tampak berantakan. Meja berlaci banyak atau ambalan yang dipasang di dinding dapat menjadi solusi untuk merapikan barang yang berkaitan dengan pekerjaan.

6. Jangan lupa tambahkan dekorasi. Foto orang kesayangan, tanaman hias, atau lukisan dapat memberi inspirasi dan menambah semangat kerja. Benda dekorasi ini sekaligus menunjukkan siapa diri kita dan membuat ruang kerja di rumag jadi "kita banget".

Foto: Adeline Krisanti

Desain: DSN Intervention

Lokasi: Apartemen Pavilion, Jakarta Pusat

Editor : Maulina Kadiranti

Latest