Follow Us

5 Cara Mencegah Keracunan Makanan Akibat Salah Menyimpan

- Selasa, 07 Februari 2017 | 08:59
5 Cara Mencegah Keracunan Makanan Akibat Salah Menyimpan
idea

5 Cara Mencegah Keracunan Makanan Akibat Salah Menyimpan

iDEAonline.co.id - Banyak hal-hal yang tampaknya sepele dapat membantu makanan yang disimpan menjadi lebih awet. Terapkan 5 cara ini agar menjadi kebiasaan yang pada akhirnya dapat mencegah keracunan makanan. Ini dia caranya!

1. Menggunakan kemasan bening.

Mulailah memasukkan makanan kita menggunakan wadah yang bening sehingga isinya mudah terlihat. Penggunaan kemasan bening juga bertujuan mencegah makanan yang basi karena kita lupa akan keberadaannya.

2. Menyimpan telur di wadah kedap udara.

Simpanlah telur di wadah yang kedap udara sehingga dapat tahan hingga sebulan.

3. Memisahkan sayur dan buah.

Kebanyakan buah akan mengeluarkan gas etilen. Gas tersebut merupakan senyawa yang memaksakan pematangan buah dan dapat merusak kesegaran. Jika buah disimpan bersamaan dengan sayur, akibatnya sayur menjadi tidak segar lagi. Sebaiknya gunakan wadah terpisah untuk kedua jenis makanan ini.

4. Periksa suhu kulkas.

Daya listrik berpengaruh pada suhu di dalam kulkas. Pastikan pasokan listrik stabil. Selain itu, kulkas pada bagian belakang lebih dingin dibandingkan dengan bagian depan, karena jauh dari pintu kulkas yang sering dibuka tutup. Letakkan makanan yang membutuhkan suhu dingin stabil di bagian belakang.

5. Jangan dicuci dulu.

Sayur atau buah yang dimasukkan ke dalam kulkas sebaiknya jangan dicuci terlebih dahulu, karena air cucian yang menempel akan menyebabkan kelembapan sehingga mempercepat pembusukkan. Lebih baik mencuci buah atau sayur sebelum mengkonsumsinya. Nah dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, kita pun dapat mencegah keracunan makanan.

Editor : Fransisca Wungu

Latest