Follow Us

Tips Mudah Merawat Furnitur Kayu Agar Lebih Awet

Fransisca Wungu - Sabtu, 11 Februari 2017 | 02:14
Tips Mudah Merawat Furnitur Kayu Agar Lebih Awet
Fransisca Wungu

Tips Mudah Merawat Furnitur Kayu Agar Lebih Awet

iDEAonline.co.id - Sebenarnya tidak hanya perawatan, tetapi perilaku Anda terhadap furnitur kayu juga dapat mempengaruhi kualitas dan keawetan. Padahal furnitur yang menggunakan material kayu merupakan salah satu jenis furnitur yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia.

Furnitur kayu dipilih karena membawa nuansa hangat dan juga dapat disesuaikan dengan berbagai gaya interior. Terlebih lagi furnitur kayu terhitung merupakan jenis furnitur yang dapat digunakan untuk waktu yang lama.

Namun merawat furnitur kayu harus benar-benar diperhatikan agar furnitur senantiasa awet. Berikut cara mudah merawat furnitur kayu yang dapat Anda lakukan di rumah.

Merawat Furnitur Berukir

- Merawat furnitur kayu berukir terbilang cukup rumit. Pertama, Anda harus pastikan terlebih dahulu untuk mengelap seluruh permukaan kayu dengan kain bersih. Untuk membersihkan ukirannya Anda dapat menggunakan kuas bersih atau sikat yang lembut. Setelah itu, gosok furnitur dengan menggunakan semir sepatu padat atau kemiri yang sudah dibakar untuk furnitur kayu berukir yang berwarna gelap. Apabila furnitur kayu berwarna terang, Anda dapat menggosoknya dengan menggunakan semir sepatu yang bening atau kemiri tumbuk yang telah dibungkus kain, kemudian lap kembali permukaan mebel berukir dengan kain halus.

Perlakukan Furnitur Dengan Tepat

- Bersihkan debu pada furnitur kayu Anda dapat menggunakan kain lembut yang di basahi. Untuk merawat furnitur kayu, Anda dapat melakukannya sekali dalam seminggu untuk mencegah timbulnya goresan pada permukaan furnitur kayu.

- Sebisa mungkin, jika ingin merawat furnitur kayu, Anda selalu menggunakan alas saat meletakkan benda di atas furnitur kayu tersebut. Ini bertujuan agar permukaan kayu terhindar dari goresan.

Mengkilapkan Furnitur Kayu

- Salah satu cara unik untuk merawat furnitur kayu dengan menggunakan minyak goreng dan air perasan jeruk. Anda dapat mencampurkan 2 sendok makan minyak goreng dan air perasan jeruk ke dalam segelas air. Kemudian gosokan perabotan kayu dengan kain lembut yang sudah dicelupkan ke dalam campuran tersebut. Ulangi jika perlu, hingga furnitur kayu menjadi mengkilap.

Cara yang digunakan untuk merawat furnitur kayu di rumah terbilang gampang. Selain menggunakan campuran bahan alami untuk membuat mengkilap, ternyata memperhatikan cara memperlakukan furnitur kayu dengan benar juga dapat mempengaruhi keawetan furnitur tersebut. Yuk merawat furnitur kayu agar furnitur lebih awet dan rumah lebih indah!

Foto: vermontwoodsstudios.com

Editor : iDEA

Latest