Follow Us

"Cocoon" Kepompong yang Bisa Membuat Daging dan Ikan

Rasantika M. Seta - Kamis, 15 Oktober 2009 | 04:27
Cocoon Kepompong yang Bisa Membuat Daging dan Ikan
Rasantika M. Seta

Cocoon Kepompong yang Bisa Membuat Daging dan Ikan

Seiring dengan pertambahan populasi manusia yang semakin meningkat, tingkat konsumsi daging dan ikan akan semakin meningkat pula. Kondisi ini dijawab oleh Rickard Hederstierna dari Lund Institute of Technology, Swedia dengan membuat Cocoon.

Cocoon (kepompong) rancangan Rickard merupakan sebuah alat penghasil daging dan ikan. Proses kerja Cocoon serupa dengan proses memanaskan popcorn di microwave. Cocoon memanaskan sel-sel otot yang merupakan hasil rekayasa genetika yang telah dikemas menjadi daging dan ikan siap saji. Sinyal Radio Frequency Identification (RFID) mendeteksi hidangan itu dan kemudian memasaknya.

Cocoon merupakan salah satu ide desain dalam Elctrolux design Lab 2009 yang dikirimkan oleh para mahasiswa di seluruh dunia. Dewan juri menetapkannya sebagai pemenang kompetisi karena alasan desain, inovasi, dan consumer insight-nya. Kata mereka, "Cocoon merupakan wujud isu kontroversial yang sangat nyata. Umat manusia akan terus menerus berkeinginan untuk mengonsumsi daging dan ikan. Ini adalah sebuah konsep desain yang luar biasa yang menghasilkan opini berlawanan." *

Editor : Rasantika M. Seta

Latest