Follow Us

Tema "Green" Dominasi Pameran AMI dan Nominasi IAI Jakarta Award 2009

Anissa Q. Aini - Kamis, 12 November 2009 | 12:50
Tema Green Dominasi Pameran AMI dan Nominasi IAI Jakarta Award 2009
Anissa Q. Aini

Tema Green Dominasi Pameran AMI dan Nominasi IAI Jakarta Award 2009

Berbagai karya para arsitek, yang tergabung dalam Arsitek Muda Indonesia (AMI), dan merupakan hasil dari workshop AMI 2009, dipamerkan di sana. Selain itu, dipamerkan pula karya-karya arsitek, yang menjadi nominasi IAI Jakarta Award 2009.

Menurut salah satu juri IAI Jakarta Award 2009, Bambang Eryudhawan, nominasi kali ini berbeda dari nominasi pada ajang penghargaan tahun lalu. Perbedaan pertama, kali ini peserta didominasi oleh para arsitek muda. Sebagian besar dari mereka mengikutsertakan karya berupa rumah tinggal. Kedua dan yang membanggakan, kata Bambang, hampir semuanya menunjukkan kecenderungan pada desain-desain "green".

"Tahun lalu, kebanyakan peserta lebih banyak mengedepankan aspek visual. Artinya, lebih memperhatikan bagaimana tampak sebuah bangunan. Tapi tahun ini, para arsitek muda, yang menjadi peserta mulai mengedepankan bagaimana caranya, supaya desain mereka menjadi desain yang ramah lingkungan," ujar Bambang.

Menanggapi hal ini, Ketua IAI, Ahmad Djuhara, mengatakan bahwa ini adalah sebuah perkembangan yang menggembirakan. Ia mengharapkan wadah berupa organisasi, seperti AMI, bisa jadi sarana bagi para arsitek muda untuk terus menghasilkan karya yang berkualitas. Banyak contohnya, ujar Ahmad, bisa dilihat di pameran ini.

"Pameran ini sekaligus menunjukkan pada masyarakat, bahwa arsitek-arsitek muda Indonesia, sudah mulai memperhatikan sekelilingnya. Sudah mulai aware dengan desain-desain yang lebih ramah lingkungan," ujar Ahmad.

Foto: iDEA Online/ Anissa Q. Aini

Editor : Anissa Q. Aini

Latest