Follow Us

Penyemprot Air Bertekanan Tinggi

Rasantika M. Seta - Senin, 11 Januari 2010 | 15:48
Penyemprot Air Bertekanan Tinggi
Rasantika M. Seta

Penyemprot Air Bertekanan Tinggi

Cobalah alat semprot high pressure cleaner (HPC), yang dapat meringankan pekerjaan bersih-bersih ini. Nyalakan dan semprotkan airnya, HPC tuntas mengelupaskan cat dinding, serta merontokkan kotoran dan lumut di kolam. Mobil dan motor Anda pun makin bersih dicuci dengan menggunakan alat ini.

Prinsip kerjanya mirip mesin pompa udara. Air dipampatkan pada sebuah tabung hingga tekanan tertentu, kemudian disemprotkan melalui pipa keluar. Proses ini dikerjakan oleh dinamo dan mesin pompa.

Agar kerja HPC optimal, perhatikan bagian-bagaian:

Spray gun, untuk media output mesin. Ujungnya yang berupa nozzle dapat diatur: melebar atau terfokus.Tabung sabun, untuk menampung sabun. Ada yang terpasang, sehingga tinggal menarik tuasnya, dan ada yang terpisah --dipasang dulu di ujung gun kit mesin.Rotor power, untuk membersihkan kotoran yang susah dibersihkan. Dirancang sedemikian rupa, sehingga menghasilkan semprotan berupa pusaran air. Nozzle (Pointing, Spraying), untuk pengerjaan dengan jarak jangkau jauh, yang sempit atau sulit.Burner, sebagai pemanas air --maksimal 2000 Celcius. Hanya terdapat pada mesin yang tekanan kerjanya di atas 80 bar.Total stop system, sebagai switch on/off mesin.

Spray gun, untuk media output mesin. Ujungnya yang berupa nozzle dapat diatur: melebar atau terfokus.

Tabung sabun, untuk menampung sabun. Ada yang terpasang, sehingga tinggal menarik tuasnya, dan ada yang terpisah --dipasang dulu di ujung gun kit mesin.

Rotor power, untuk membersihkan kotoran yang susah dibersihkan. Dirancang sedemikian rupa, sehingga menghasilkan semprotan berupa pusaran air.

Nozzle (Pointing, Spraying), untuk pengerjaan dengan jarak jangkau jauh, yang sempit atau sulit.

Burner, sebagai pemanas air --maksimal 2000 Celcius. Hanya terdapat pada mesin yang tekanan kerjanya di atas 80 bar.

Total stop system, sebagai switch on/off mesin.

Berapa harga HPC? Dijual mulai Rp600.000.

Foto: iDEA/Richard Salampessy

Editor : Rasantika M. Seta

Latest