Follow Us

Roller Blind: Indah, Praktis, dan Tak Sekadar Meredukasi Cahaya

Rasantika M. Seta - Senin, 03 Mei 2010 | 05:50
Roller Blind Indah Praktis dan Tak Sekadar Meredukasi Cahaya
Rasantika M. Seta

Roller Blind Indah Praktis dan Tak Sekadar Meredukasi Cahaya

Pada awalnya, roller blind lebih banyak dipergunakan pada bangunan komersial, seperti gedung perkantoran, atau area publik lainnya. Kini, dengan semakin tingginya tuntutan pola hidup yang praktis, pemilik rumah mulai menggunakan roller blind pada jendela rumahnya.

Sebenarnya, fungsi roller blind pada jendela rumah sama dengan gorden. Roller blind lebih praktis dalam pengoperasian dan perawatan, serta terlihat lebih ringan dan 'simple'. Berbagai warna, corak dan tekstur kain, dari yang transparan, semi transparan hingga blackout (tidak tembus sinar) menjadikan roller blind dapat memenuhi kebutuhan pemilik rumah. Baik kebutuhan privasi, reduksi panas matahari ataupun kebutuhan membangun atmosfir ruangan.

Roller blind selain dipalikasikan secara vertical, juga bisa diaplikasikan horizontal ataupun slopping dengan bentang-bentang yang panjang. Bisa dioperasikan secara manual, dengan motor ataupun dihubungkan dengan sistim 'building automation'.

Umumnya, roller blind dilengkapi dengan 'treatment' yang sesuai dengan karakter kainnya. Seperti 'antistatic' agar debu tidak melekat, 'scothgard' agar cairan tidak meresap, 'fire retardant' agar tidak menghantar api dan lainnya. Sehingga roller blind tidak perlu dicuci seperti gorden dan hanya cukup dibersihkan menggunakan vacuum cleaner.

Jenis Roller Blind

Banyak produsen yang memasarkan roller blind. Salah satunya adalah: Hunter Douglas. Produsen ternama ini paling tidak, memproduksi tiga tipe roller blind, yakni tipe sunscreen, blackout, dan translucent.

Tipe sunscreen memiliki fungsi mereduksi panas matahari. namun penghuni tetap dapat melihat area di luar rumah tanpa terganggu. Jika benar-benar dibutuhkan untuk mereduksi atau mencegah cahaya matahari yang masuk ke dalam ruangan, maka tipe blackout lebih cocok. Dengan menggunakan tipe ini, ruangan bisa menjadi gelap pada siang hari, jika tidak ada cahaya lampu yang meneranginya.

Tipe terakhir adalah translucent. Produk ini tidak transparan tetap dapat memasukkan sinar matahari ke dalam ruangan. Umumnya tipe ini banyak variasi cirak maupun teksturnya. Tipe ini lebih cocok digunakan untuk menjaga privasi penghuni ruangan.

Pada interior rumah-rumah modern, roller blind mulai menjadi pengganti gorden. Hal ini selain karena segala kelebihan materialnya, juga karena keragaman desainnya. Dengan demikian, fungsi ruang pun dapat didukung olehnya.

Nah, jika Anda tertarik menggunakan roller blind, harganya tak terlalu mahal kok. Harga rata-ratanya antara Rp 250 ribu-Rp 1 juta/m2. Tak terlalu mahal, kan?

Foto: Dok. Hunter Douglas

Editor : Rasantika M. Seta

Latest

Ciptakan Kamar Tidur Nyaman Layaknya di Hotel Bintang Lima, Tipsnya Gunakan Produk dari IndoLinen
Sambut Ramadhan, Nippon Paint Perkenalkan Koleksi Cat Tren Warna Ramadan 2024
ASEAN Steel Architecture Award 2024 Kembali Digelar, Ini Kategori dan Syarat Pendaftarannya
Raih Penghargaan Top Brand ke-4 Kali,  Ini Komitmen dan Keunggulan Fortress Pintu Baja Motif Kayu

Popular

Tag Popular