Follow Us

Unik dan Menarik, Kreasi Instalasi Seni Keramik

Annisa Q. Aini - Selasa, 29 Maret 2011 | 12:14
Unik dan Menarik Kreasi Instalasi Seni Keramik
Annisa Q. Aini

Unik dan Menarik Kreasi Instalasi Seni Keramik

Pameran ini bertajuk artil(e)gia. Tema ini adalah gabungan dari tiga kata art, tile, dan logia. Gabungan ketiga kata itu menggambarkan karya seni yang menggunakan berbagai media. Tempatnya tersebar dalam salah satu ruangan yang ada di dalam mall dengan tampilan yang dibuat unfinished.

Venus menggandeng dua seniman asal Ausralia Philip Lakeman dan Graham Oldroyd. Dua seniman ini telah 20 tahun menciptakan keramik yang banyak digunakan oleh gedung-gedung terkemuka di dunia. Venus juga mengajak 10 desainer lokal yang tergabung dalam Artura. Artura adalah gabungan beberapa desainer yang datang dari berbagai latar belakang yaitu desainer interior, desainer grafis, dan fotografer. Tak ketinggalan juga karya dua pematung ternama di Indonesia yaitu Awan Simatupang dan Yani M Sastrangar.

Area pameran ini terdiri dari dua lantai. Lantai pertama berisi karya Artura yang bercerita tentang wajah manusia. Beranjak ke mezanin di lantai dua, ada 12 karya Philip Lakeman dan Graham Oldroyd yang bertajuk metamorphosis dreaming. Philip mengungkapkan desain mereka kali ini dilakukan lewat perubahan skala, perpaduan material, hingga menampilkan keramik dua dimensional menjadi tiga dimensional. Kolaborasi material seperti seng, lukisan hingga meja dan kursi kayu yang dilukis khusus pun ada disini.

Tak ingin ketinggalan menyaksikannya? Datang saja ke Plaza Indonesia, Jakarta, tempat pameran ini digelar. Masih ada cukup waktu hingga 24 April 2011 mendatang. Selamat mengapresiasi!

Foto: iDEA/ M. Fredi

Editor : Annisa Q. Aini

Latest