Follow Us

Panasonic Luncurkan Kontainer Panel Surya

Fredi Indra (@frediindra) - Kamis, 07 April 2011 | 08:51
Panasonic Luncurkan Kontainer Panel Surya
Fredi Indra (@frediindra)

Panasonic Luncurkan Kontainer Panel Surya

"Life Innovation Container". Demikian sebutan untuk inovasi terbaru dari Panasonic . Sebuah container yang dilengkapi dengan 18HIT® modul solar Sanyo dengan 48 baterai yang mampu menghasilkan daya rata-rata hingga 6 kWh (6000 watt hour) tiap harinya.

"Inovasi kontainer solar panel ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan energi di daerah pedesaan maupun daerah yang belum memiliki akses listrik," ujar Ichiro Suganuma, Presiden Direktur PT Panasonic Gobel Indonesia. Kontainer ini sendiri dapat difungsikan sebagai fasilitas kesehatan, pendidikan, komunikasi bahkan toko retail.

Dengan teknologi HIT dari Sanyo, efisiensi listrik yang dihasilkan tiap panel surya mencapai 21,6%, sehingga diklaim paling efisen di dunia. Beratnya juga lebih ringan 44,4% dari rata-rata berat solar panel lainnya.

Sebagai langkah awal perkenalan, 2 buah kontainer yang telah berada di Indonesia, nantinya akan digunakan oleh Palang Merah Indonesia (PMI). Tujuannya untuk mendukung kinerja penanggulangan pasca bencana, khususnya dalam penyediaan listrik. "Kita masih menunggu 4 kontainer lagi. Jadi total terdapat 6 kontainer yang akan disebar ke seluruh Indonesia," ucap Jusuf Kalla, Ketua Umum PMI.

Di dunia, kontainer panel surya ini hanya terdapat 3 buah, yakni 2 buah di Indonesia, dan 1 lainnya berada di Sendai, Jepang. Keberadaan 2 kontainer di Indonesia tidak lepas dari permintaan khusus dari Jusuf Kalla.

Foto: Mikael Fredi

Editor : Fredi Indra (@frediindra)

Latest