Follow Us

Komitmen LG untuk Kesejahteraan Masyarakat Indonesia

Devi F. Yuliwardhani - Kamis, 28 Juli 2011 | 10:43
Komitmen LG untuk Kesejahteraan Masyarakat Indonesia
Devi F. Yuliwardhani

Komitmen LG untuk Kesejahteraan Masyarakat Indonesia

LG Electronics Indonesia kembali mengadakan program Corporate Social Responsibility (CSR). Program CSR LG Electronics Indonesia ini berbentuk pemberian dukungan kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia dengan fokus utama di bidang pendidikan, kesehatan anak, lingkungan serta penanganan korban bencana alam. Hal ini Sejalan dengan prestasi yang diraihnya sebagai pemimpin pasar elektronik, LG Electronics Indonesia terus berupaya meningkatkan kontribusi dan solusi atas berbagai permasalahan yang berkaitan dengan peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

"Prestasi yang telah diraih LG Electronics Indonesia sebagai pemimpin pasar elektronik tidak lepas dari peran konsumen, karena itu sudah sewajarnya kami memberikan kontribusi dan solusi atas berbagai permasalahan yang berkaitan dengan peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia." ujar President Director PT LG Electronics Indonesia, Kim Weon Dae.

Pada tahun 2011, LG Electronics Indonesia bekerjasama dengan Kick Andy Foundation untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak Indonesia yang berada di wilayah terpencil. Dalam menjalankan aktivitas sosialnya ini, LG Electronics Indonesia juga mengajak konsumennya untuk turut berpartisipasi dengan memberikan tanda 'like' pada Fan Page Facebook LG Loves Indonesia.

Untuk setiap 'like' yang terhitung di akun Facebook LG Loves Indonesia, perusahaan akan menghargai dengan 1 batu bata yang akan dipergunakan untuk membangun fasilitas pendidikan bagi anak-anak jalanan. Dalam hitungan hari, program LG Click and Donate ini berhasil mengumpulkan 10,000 partisipan yang memberikan dukungannya. Ini berarti, sebanyak 10,000 batu bata telah siap untuk di donasikan perusahaan kepada Kick Andy Foundation.

Meski begitu, perusahaan lantas menambah bentuk dukungannya melalui program LG Click and Donate. Tak cuma membatasi pada bantuan batu bata, untuk selanjutnya LG bahkan menukarkan setiap 1 click dari partisipan, dengan uang tunai sebesar Rp. 1,000,- "Masyarakat Indonesia sangat antusias untuk ikut berpartisipasi dalam program ini. Untuk itu, LG juga menanggapinya dengan mengoptimalkan program LG Click and Donate bagi terwujudnya pembangunan fasiltas perpustakaan yang lebih baik dan telah dilengkapi dengan bahan bacaan yang lengkap," tambah Kim, Weon Dae.

Melalui akun www.facebook.com/lglovesindonesiaini, terhitung sejak tanggal 15 Mei 2011hingga penutupannya di tanggal 26 Juli 2011, program LG Click and Donateini berhasil menghimpun partisipasi dari 44.172 orang.

Sesuai dengan komitmen program tersebut, sedianya terkumpul dana sebesar Rp 34.172.000,- . Tetapi dengan menimbang pada kecukupan modal yang dibutuhkan untuk fasilitas perpustakaan ini, LG menambahkan donasi langsung menjadi sejumlah Rp. 200,000,000,-. Keseluruhan dana terhimpun ini akan disalurkan melalaui Kick Andy Foundation untuk pembangunan perpustakaan yang didedikasikan bagi anak-anak jalanan di sekitar Bekasi. "LG berharap melalui tambahan bantuan ini, maka kami dapat membantu lebih banyak anak-anak jalanan dan juga membangun fasilitas pendidikan yang memadai," ujar Kim, Weon Dae.

Selain memberikan dukungannya kepada dunia pendidikan, selama bulan Ramadhan nanti, LG Electronics Indonesia juga akan mengadakan kegiatan sosial bernama Cup of Faith. Melalui kegiatan ini, sekali lagi LG Electronics Indonesia mengajak masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi melalui jejaring sosial dengan memberikan tanda 'like' pada Fan Page Facebook LG Loves Indonesia dan mencantumkan #(hashtag) SharetheJoy di akun Twitter. Dengan memberikan tanda 'like' atau mencantumkan # (hashtag) tersebut, maka masing-masing individu sudah menyumbangkan satu cup yang setara dengan 250 gr beras bagi masyarakat yang membutuhkan.

Kim Weon Dae menegaskan, "LG percaya akan pentingnya Tanggung Jawab Sosial Perusahaan sebagai wujud sumbangsih kepada masyarakat, karena itu LG memiliki komitmen untuk menjadi perusahaan besar dan memiliki reputasi yang baik, yang akan memperkaya kehidupan konsumennya melalui produk, pelayanan dan tangung jawab sosial."

Hal ini juga diamini oleh Meuthia Ganie Rochman, Sosiolog dari Universitas Indonesia. Menurut Meuthia, selain untuk mengimplementasikan Good Corporate Governance dalam menjalankan perusahaan, Corporate Social Responsibility juga dapat berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan publik serta keberlangsungan perusahaan tersebut di dalam masyarakat. Saat ini, sektor-sektor yang masih sangat membutuhkan bantuan adalah pendidikan, kesehatan dan lingkungan.

Melalui LG Loves Indonesia yang menaungi program-program sosial LG Loves School, LG Loves Children, LG Loves & Care dan LG Loves Green, LG Electronics Indonesia berkomitmen untuk terus memberikan sumbangsihnya di berbagai aksi sosial guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Foto: Dok. LG Electronics Indonesia

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest