Follow Us

Kepedulian Toshiba pada Bumi

Devi F. Yuliwardhani - Kamis, 18 Agustus 2011 | 07:42
Kepedulian Toshiba Pada Bumi
Devi F. Yuliwardhani

Kepedulian Toshiba Pada Bumi

Ternyata, gerakan ramah lingkungan tak cukup dengan menciptakan produk yang ramah lingkungan. Proses produksi dan pemilihan teknologi yang menjadi penyokong terciptanya produk ramah lingkungan pun harus memperhatikan standar ramah lingkungan. Untuk tahun 2010 sampai tahun 2012, Toshiba menerapkan sistem manajemen lingkungan yang proaktif sebagai tolak ukur dan strategi untuk mendukung perubahan struktur bisnisnya. Konsep ramah lingkungan ini juga menjadikan Toshiba berperan aktif dalam menyelamatkan bumi dari kehancuran akibat limbah berbahaya.

Untuk menjadi ramah lingkungan, Toshiba memperkenalkan sistem Eco Style. Sistem ini memiliki tiga prinsip dasar yaitu Green of Process, Green of Product, dan Green by Technology. Toshiba memperhatikan seluruh proses produksinya. Mulai dari pembelian material, pemilihan suku cadang, proses produksi yang menggunakan teknologi hemat energi, dan menghindari pembuangan limbah yang mengandung kimia beracun.

Selain proses produksi, Toshiba pun menghasilkan inovasi teknologi yang ramah lingkungan dan memungkinkan manusia untuk mengeksplorasi energi matahari dan penggunaan baterai isi ulang sebagai langkah bijak mendapatkan energi listrik. "Kami sangat selektif dalam memilih bahan baku serta suku cadang untuk produk-produk kami, karena semua harus sesuai dengan standar RoHS (Restriction of the Use of Certain Hazardous Substances in Electrical and Electronic Equipment), yang melarang penggunaan enam bahan berbahaya; Kadmium, Kromium Heksavalen, Timbal, Polibromobipenil, Merkuri dan Polibromodipenileter. Bahan-bahan dasar yang kami gunakan hampir semua berbahan dasar air sehingga tidak akan berbahaya bagi lingkungan juga manusia, " ujar Andi Nursalim, Section Manager Innovation & Promotion Section Factory Planning Departement, PT. Toshiba Consumer Product Indonesia. Hal itu dikatakan pada launching produk televisi Regza LED AL10 dan Junior Power TV HV1, di Restoran Kembang Goela, Jalan Sudirman, Jakarta, 16 Agustus 2011 yang lalu.

Foto: iDEA/Indra Zaka Permana

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest