Follow Us

Asuransi, Proteksi Menyeluruh untuk Rumah

Devi F. Yuliwardhani - Kamis, 08 Maret 2012 | 08:37
Asuransi Proteksi Menyeluruh untuk Rumah
Devi F. Yuliwardhani

Asuransi Proteksi Menyeluruh untuk Rumah

Cuaca akhir-akhir ini seringkali tak menentu. Bencana seolah tidak ada hentinya. Hujan deras, banjir, angin puting beliung, gempa bumi, hingga tsunami. Sudah pasti kecemasan melanda semua orang. Tak hanya keselamatan jiwa, proteksi terhadap aset pun menjadi kebutuhan. Rumah salah satunya.

Sebagai tempat bernaung Anda dan keluarga tercinta, rumah seharusnya juga aman. Aset yang dibangun dengan jerih payah, dan biaya yang tak sedikit sudah selayaknya mendapatkan perlindungan ekstra. Asuransi rumah bisa menjadi pertimbangan Anda.

Sayangnya saat ini tidak banyak yang mengerti pentingnya mengasuransikan sebuah rumah. Padahal ada banyak keuntungan yang bisa didapat. Perlindungan yang dilakukan menyeluruh, mulai dari bangunan rumah, perabot hingga tambahan jaminan keselamatan jiwa.

Kalau sebelumnya asuransi dasar rumah hanya melindungi rumah dari bahaya kebakaran saja (FLEXA - fire, lightening, explotion, smoke, dan falling plane), kini beberapa sudah dikembangkan menjadi property all risk (PAR). "Pada asuransi rumah atau PAR (property all risk) seluruh resiko dijamin kecuali yang tercantum di klausa pengecualian seperti perang, reaktor nuklir, dan terbakar dengan sendirinya misal timbunan tembakau," tutur Hero. Wirasmara, SE - marketing support Asuransi Wahana Tata.

Perkakas dan perabot yang ada di dalam rumah juga dijamin. Mulai dari TV, kulkas, AC dan perabot lainnya. Akan tetapi asuransi rumah tidak menjamin barang seni dan barang yang mudah dipindahkan seperti laptop, HP, dan perhiasan. Beberapa asuransi juga memberikan jaminan tambahan yang berbeda-beda tiap perusahaan asuransi. Ada yang memberikan jaminan tambahan terhadap jiwa anggota keluarga di dalam rumah, biaya akomodasi sementara, biaya medis hingga kerugian atas barang pribadi pembantu rumah tangga. Jaminan tambahan yang diberikan ini memiliki batas penggantian yang berbeda-beda.

Nah, ternyata mengasuransikan rumah punya banyak keuntungan. Tunggu apa lagi. Dengan resiko yang terjamin hati pun lebih tenang. (Tulisan selengkapnya ada di majalah Renovasi edisi 33)

Foto: iDEA/Adeline Krisanti

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest