Follow Us

Tiga Ide Positif untuk Indonesia

Devi F. Yuliwardhani - Senin, 12 Maret 2012 | 05:46
Tiga Ide Positif untuk Indonesia
Devi F. Yuliwardhani

Tiga Ide Positif untuk Indonesia

"Negara indah penuh masalah". Begitu Ridwan Kamil menyebut Indonesia. Siapa yang tidak setuju jika kita melihat kenyataan yang terlihat. Mulai dari fenomena masalah perkotaan hingga kesehatan masyarakat. Karena itulah The '+' Project, sebuah ajang pengumpulan gagasan menarik berusaha hadir sebagai solusi dari aneka permasalahan di bidang perkotaan dan kesehatan. Kompetisi yang digagas oleh Royal Philips Electronics ini diluncurkan pada November 2011 lalu.

Indonesia terpilih sebagai negara pertama tempat berlangsungnya kompetisi ini. Antusias terlihat dari partisipasi 603 peserta yang menyumbangkan ide hanya dalam kurun waktu 8 minggu. Tercatat 247 peserta memberikan ide untuk kota yang layak huni, 171 ide untuk hidup sehat, dan 185 ide untuk akses kesehatan.

Pada 9 Maret 2012, bertempat di Ritz Carlton, Jakarta, Robert Fletcher, President Director PT Philips Indonesia mengumumkan ketiga pemenang. Rina Susanti dengan ide "Mendeteksi Dini kanker di Payudara" menjadi pemenang dari kategori akses kesehatan. Suhartanto Nugroho dengan ide "Menciptakan Taman Publik dan Halte yang Ramah Energi Listrik" menjadi pemenang dari kategori kota layak huni. Bunga Sirait dengan ide "Chef ke Kantin Sekolah" menjadi pememang dari kategori hidup sehat.

Philips bekerja sama dengan pihak-pihak lain yang terkait akan mewujudkan ketiga project yang telah terpilih. Dana yang dikucurkan sebesar $50.000 per project. Selain di Indonesia, kompetisi serupa juga akan dilaksanakan di Thailand dan negara-negara lain di ASEAN Pacific.

Foto: iDEA/Devi F. Yuliwardhani

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest